Seminggu Lagi Kick Off, Copa America Terancam Ditunda - Vivagoal.com
Copa Amerika

Seminggu Lagi Kick Off, Copa America Terancam Ditunda

Dimas Sembada - June 7, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Sepekan jelang dimulainya Copa America 2020, kompetisi terakbar di  Amerika Latin tersebut terancam dibatalkan. Tingkat penularan covid-19 yang masih tinggi jadi alasan. 

Salah satu anggota penyelidikan Senat Brasil tentang penanganan pandemi jadi yang paling lantang menyuarakan agar Copa America kembali ditunda. Tingkat vaksinasi yang rendah dan penyebaran virus yang tidak terkendali dinilai terlalu membahayakan turnamen internasional tersebut.

Staf Komisi Senat juga dikabarkan sudah bersurat dengan Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF). Mereka menjelaskan sejauh ini hanya 10,77 persen dari populasi yang telah menerima dosis pertama vaksin.

Di sisi lain, Komisi Senat juga mengungkap fakta mengejutkan dari hasil penyelidikan terhadap penanganan pandemi oleh presiden sayap kanan Jair Bolsonaro. Tercatat lebih dari 472 ribu orang meninggal di seluruh negara Amerika Latin karena covid-19.


Baca Juga: 


Karenanya, Komisi Senat beranggapan, Brasil tidak menawarkan keamanan khsusnya soal Sanitasi untuk menyelenggarakan Copa Amerika. Terlebih kondisi Brasil saat ini sedang tidak baik-baik saja.

Dengan fakta tersebut, tak berlebihan bila Senat Brasil meminta gelaran Copa Amerika ditunda kembali, setidaknya hingga pandemi Covid-19 mereda.

“Kami tidak menentang Copa America di Brasil atau di tempat lain. Namun kami yakin turnamen bisa menunggu sampai negara siap menjadi tuan rumah,” ujar Senat Brasil, dikutip dari Aljazeera via Republika. 

Penolakan dari Pemain

Sementara itu, sebelumnya, Kapten Timnas Brasil, Casemiro, tegas menunjukan sikapnya soal Copa Amerika. Sadar akan resikonya, dia menolak bermain dan sejatinya berharap Copa Amerika ditunda lebih lama.

“Kami tidak bisa membicarakan masalah ini tetapi semua orang tahu apa posisi kami mengenai Copa America,” kata Casemiro.

“Kami sebenarnya ingin bersuara tapi sayangnya kami tidak bisa. Sebagai kapten dan pemimpin tim, kami sudah jelaskan posisi kami. Kami ingin membicarakan itu.

“Bukan saya dan hanya pemain Amerika Latin yang merumput di Eropa, kami semua juga menolaknya,” tutup Casemiro.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com