Statistik Membuktikan, Barcelona Tanpa Messi Masih Sangat Berbahaya

0
38
Statistik Membuktikan, Barcelona Tanpa Messi Masih Sangat Berbahaya

VivagoalLa Liga – Bagi Barcelona, Lionel Messi adalah roh permainan tim dalam 16 tahun terakhir. Lalu bagaimana nasib Barcelona andai La Pulga sudah tidak ada di masa mendatang.

Kontrak Messi di Barcelona sedianya akan segera tuntas pada akhir Juni 2021. Namun sejauh ini, pemain asal Argentina itu masih menolak meneken tawaran perpanjangan kontrak yang sudah disodorkan manajemen Blaugrana.

Barca sendiri harus bergerak cepat untuk bisa meyakinkan peraih enam Ballon d’Or tersebut agar mau terus bertahan di Camp Nou. Jika sampai gagal, Los Azulgrana berpotensi kehilangan sang megabintang pada musim panas tahun depan.

Banyak pihak yang menilai, sulit membayangkan Barcelona tanpa Messi. Pasalnya, penyerang asal Argentina itu sudah seperti icon klub dan merupakan nyawa permainan Blaugrana dalam hampir dua dekade terakhir.

Untuk diketahui, sejak dipromosikan ke skuad utama Barcelona pada musim 2004/2005, Messi langsung bisa mengunci satu tempat di starting line up tim Catalan. Dan sepertinya yang sudah diketahui, berbagai rekor pribadi dan klub pun ia pecahkan satu-satu, termasuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub.

Tapi bagaimana kondisi Barcelona jika tanpa Messi? Merujuk pada data Transfermarkt, terhitung sejak 2004/2005, Messi yang absen membela Barcelona sebanyak 69 kali di ajang LaLiga Spanyol, dari jumlah tersebut, Barcelona tetap bisa menang sebanyak 41 kali, imbang 15 kali dan 13 laga lainnya kalah. Secara keseluruhan, Barcelona hanya gagal menang 28 kali tanpa Messi.


Baca Juga:



Di ajang Copa Del Rey, dihitung dari periode yang sama, Messi absen sebanyak 37 kali. Tanpa sang kapten, Barcelona tetap mampu mengantongi 25 kemenangan, dan gagal menang sebanyak 12 kali, dengan rincian, enam imbang, enam kalah.

Untuk kompetisi Liga Champions, Messi tercatat absen sebanyak 21 kali, namun Barcelona bisa mengemas 16 kemenangan, empat kalah dan satu imbang.

Merujuk pada data diatas, andai Messi berganti klub musim depan, Barcelona sebenarnya tetap berbahaya bagi semua lawan-lawannya meski tidak diperkuat lagi oleh Messi. Anda setuju?

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here