Sudah Ada Pemai Ini, Barcelona Tak Perlu Lagi Bergantung Pada Messi

0
121
Ansu Fati dan Riqui Puig
Para pemain muda Barcelona, Ansu Fati (kiri) dan Riqui Puig (kanan) (Sumber:Ultima Hora)

Vivagoal La Liga – Meski masih memiliki kans menjuarai Liga Champions, namun penampilan Barcelona musim ini tidak bisa dibilang cukup meyakinkan. Mantan bek sayap Blaugrana, Albert Ferrer menyebut mantan klubnya itu harus segera memutus ketergantungan terhadap Lionel Messi dengan memaksimalkan Ansu Fati.

Lionel Messi sudah menjadi andalan Barcelona sejak dipromosikan ke skuad senior pada musim 2004/2005. Kontribusi pemain asal Argentina itu memang sangat maksimal, minimal 40 gol dalam 11 musim terakhir. Messi hanya mengalami penurunan musim ini dengan baru melesakkan 30 gol di seluruh ajang yang diikuti Barcelona.

Namun, kontribusi Messi dalam hal assist meningkat signifikan. Sejauh ini, ia sudah membukukan 26 assist di semua ajang terbanyak di semua pemain yang ada pada lima liga top Eropa. Sayang, sumbangan sebesar itu, Messi masih belum mampu membawa Barca mempertahankan trofi La Liga yang musim ini direbut Real Madrid.


Baca Juga:


Albert Ferrer yang pernah berkostum Barcelona periode 1991 hingga 1998 coba menganalisis kesulitan mantan klubnya musim ini. Menurutnya, Messi tidak selamanya bisa menggendong tim sendirian. Dan situasinya sangat mungkin berbeda jika mereka bisa memaksimalkan pemain muda potensial, Ansu Fati.

Menurut Albert Ferrer, karena nyaris seluruh bola diarahkan ke Messi, maka lawan-lawan Barcelona lebih mudah membendung serangan dengan menumpuk sejumlah pemain di sekitar La Pulga. Alhasil, minimnya opsi untuk Barcelona membuat lawan bisa mengeksploitasi kelemahan tersebut.

“Ini merupakan situasi yang menarik. Semua tim lawan sudah tahu bahwa Barcelona sangat bergantung pada satu pemain. Barca harus bisa mencari opsi lain selain Messi. Memang dia masih yang terbaik dan momen saat anda mengoper bola padanya, dia bisa melakukan sesuatu yang luar biasa.” ucap Albert Ferrer dilansir dari Sportskeeda.

“Sebuah pertanda bagus bahwa Barcelona masih memiliki Messi hingga saat ini. Tapi para pemain lain harus diberi kesempatan dan kepercayaan yang banyak. Jadi semuanya tak harus melalui Messi. Menjaga Messi sudah pasti sulit, tapi terkadang tim lawan menumpuk pemain, jadi anda butuh cara lain.” jelasnya.

“Barca harus segera membuat Ansu Fati jadi pemain penting, termasuk memintanya melakukan hal yang berbeda untuk membantu Messi. Barcelona sebenarnya sudah sedari dulu punya opsi bagus dengan pemain seperti Ansu Fati. Dia punya sentuhan bagus dan pemain seperti itu yang sebenarnya Barca butuhkan untuk lepas dari ketergantungan terhadap Messi.” pungkas Albert Ferrer.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here