Terlalu Egosentris Bikin Guardiola Selalu Kandas di Liga Champions

0
40
Terlalu Egosentris Bikin Guardiola Selalu Kandas di Liga Champions
Pep Guardiola. Sumber: talkSPORT

Vivagoal Liga Champions – Legenda Bayern Munich, Lothar Matthaus mengkritik Josep Guardiola adalah sosok yang begitu egois dengan taktik yang dimiliki. Menurutnya pelatih asal Spanyol itu terlalu percaya diri dengan taktik yang ia terapkan meski itu sangat tidak dibutuhkan dalam sebuah permainan.

Nama Guardiola melesat sebagai salah satu pelatih top di Eropa saat ini. Keberhasilan membawa Barcelona meraih 14 trofi hanya dalam empat musim menjadi salah satu penyebabnya.

Ia kemudian melanjutkan karier di Bayern Munich dan Manchester City. Di sana, Guardiola kembali menunjukkan kualitasnya dengan menghadirkan beberapa trofi bergengsi.

Namun perjalanan Guardiola di Bayern dan City hanya sebatas raja domestik. Ia tak bisa berbicara banyak di kancah Eropa.

Terbaru City yang diperkuat nama-nama besar terpeleset di babak delapan besar. Mereka kalah 1-3 dari kuda hitam, Lyon.

Guardiola menyalahkan blunder lini pertahanan kala tim lawan begitu tegas dengan permainan serangan baliknya. Kekecewaan Guardiola itulah yang membuat Matthaus menyebutnya sebagai pelatih yang egosentris.

“Tentang Pep Guardiola, saya merasa dia selalu ingin melakukan sesuatu yang istimewa pada pertandingan besar,” kata Matthaus kepada Sport Bild.


Baca Juga:



“Barcelona memiliki DNA, sistem yang dia pelopori. Pep pun sukses di sana. Dengan Bayern dan City, dia mencobanya berulang kali dengan sejumlah modifikasi, tapi hasilnya gagal lagi dan lagi.

“Dia selalu ingin memamerkan kepada semua orang bahwa dia bisa melakukan sesuatu yang lebih baik. Saya ingin sekali menasihati dia: Pep, Anda adalah pelatih hebat, tapi tolong pertahankan sistem bermain Anda!

“Saya mendeskripsikannya sebagai sosok yang egosentris. Ya, itu kata yang sedikit berlebihan, tapi itu karena perbuatannya sendiri. Di Bayern, Robert Lewandowski bahkan pernah coba dia mainkan sebagai sayap kiri dan itu tidak berhasil sama sekali,” imbuhnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here