YOSHIMI OGAWA
Sumber: PSSI

Tingkatkan Kualitas, PSSI Adopsi Sistem Pengawasan Wasit di Premier League

Taufik Hidayat - July 9, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Sebuah terobosan dilakukan PSSI untuk meningkatkan kualitas wasit Indonesia. Tak tanggung-tanggung, sistem pengawasan korps baju hitam milik Premier League pun diadopsi.

Kualitas wasit memang menjadi salah satu masalah utama sepakbola Indonesia. Keputusan-keputusan mereka dalam pertandingan kerap memancing kontroversi.

Demi menyelesaikan masalah ini, PSSI memperkenalkan sistem pengawasan wasit baru yang diberi nama Refer (Referee Evaluation Resource). Sistem ini baru bisa digunakan mulai Desember mendatang di gelaran BRI Liga 1 2024/25.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PSSI (@pssi)

“Pada musim baru ini (BRI Liga 1 2024/25), kami akan menggunakan sistem evaluasi baru (bernama REFER) yang telah digunakan Premier League Inggris oleh pengawas wasitnya. Sistem ini sangat akurat,” kata Wakil Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa.

“Bukan hanya evaluasi, kami juga dapat memberikan materi pelajaran yang diperlukan kepada mereka (para wasit) termasuk masukan.”


Baca Juga:


Sistem REFER ini memang membuat pengawasan kepada wasit menjadi lebih detail. Data-data performa mereka dalam memimpin pertandingan akan dimasukkan ke sistem di komputer.

Nantinya performa tiap wasit akan dinilai dari kinerja teknis dan kinerja insiden kunci. Nilai dua indikator tersebut digabungkan dan terlihatnya nilai mereka.

Kursus Sistem Refer
Sumber: PSSI

Menariknya, sistem ini juga memungkinkan para pengawas membeberkan kesalahan yang dilakukan tiap wasit. Hal ini tentu memudahkan yang bersangkutan untuk memperbaiki diri.

“Kami sangat menghargai pak Erick Thohir dan anggota Exco PSSI untuk menyetujui sistem ini. Jelas mereka (para wasit) bisa melihat perkembangannya dari pertandingan ke pertandingan dan kemudian mereka bisa memperbaiki diri,” tutup Ogawa.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com