VAR Akan Timbulkan Banyak Kontroversi di Premier League

0
178
Video Assistant Referee atau VAR akan digunakan Liga Premier Inggris pada musim 2019-2020. VAR akan digunakan dalam laga debut Community Shield

Vivagoal Liga Inggris – Pernyataan tersebut keluar langsung dari Chief Executive interim Premier League, Richard Masters. Menurutnya ada dua poin penting yang harus terlaksana dalam penggunaan VAR nanti.

Video Assistant Referee (VAR) sendiri sudah digunakan di beberapa kompetisi elit Eropa dan dunia. Sebut saja Serie A, La Liga serta Bundesliga telah menggunakannya. Belum lagi Piala Dunia 2018 kemarin yang sukses mengaplikasikan teknologi satu ini berikut yang terbaru pada Copa America dan Piala Afrika 2019 lalu.

Baca juga: VAR Bikin Alacantara Hilang Mood Main Bola

Di Inggris sendiri VAR telah dipergunakan di ajang EFL Cup. Setelah persiapan selama dua tahun terakhir, Master mengaku kini Premier League sudah siap menggunakan VAR mulai musim depan kendati akan ada banyak kontroversi nantinya.

“Saya tidak ragu itu [VAR] akan menciptakan banyak kontroversi karena ini tentang keputusan besar tetapi kami siap untuk itu. Kami telah menghabiskan dua tahun terakhir bekerja sampai titik ini, dan kami berkomitmen untuk melakukannya di kepala kami selama dua tahun,” kata Master kepada Sky Sports.

“Kami telah berlatih dan menguji serta memastikan kapan itu digunakan, terutama pada Sabtu sore ketika kami telah menjalani beberapa pertandingan sekaligus, bahwa kami telah melatih sejumlah VAR. Kami merasa sudah selesai dan kami siap untuk meluncurkannya,” tegasnya.

Ia menambahkan jika ada dua poin penting yang ingin dicapai dengan penggunaan VAR. Pertama VAR tidak akan terlalu sering digunakan serta kinerja wasit harus maksimal tanpa mengurangi intensitas pertandingan.

Baca juga: BPL Semakin Profesional dengan VAR dan Goal Line Technology

“Saya pikir para penggemar ingin melihat kesalahan yang pasti dan jelas itu diselesaikan, tetapi mereka juga ingin melihat permainan tetap berjalan cepat. Anda mungkin akan melihat wasit tidak menggunakan area ulasan yaitu kamera di sisi lapangan, sesering yang Anda lihat di kompetisi lain,” cetus Richard.

“Anda harus beroperasi dalam pedoman yang diberikan IFAB (Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional) untuk mengoperasikan VAR. Tapi, semoga itu akan berhasil dan akan menjernihkan keputusan-keputusan wasit dan itu tidak akan mengganggu laju Premier League yang cepat.”

“Itu pada dasarnya adalah dua tujuan kami,” sambung Richards.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here