Sepuluh Catatan yang Bikin Messi Diganjar Ballon d'Or 2021 - Vivagoal.com
10 Kategori yang Bikin Messi Diganjar Ballon d'Or 2021
Lionel Messi, Foto: dok Goal Indonesia

Sepuluh Catatan yang Bikin Messi Diganjar Ballon d’Or 2021

A Hendra - November 30, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLigue 1 – Lionel Messi sekali lagi membuktikan kualitasnya sebagai seorang superstar sepakbola dunia dengan memenangkan Ballon d’Or ketujuhnya tahun ini. Ia dianggap telah memenuhi sejumlah penilaian yang membuatnya pantas merengkuh titel sebagai pemain terbaik dunia.

Kemenangan Lionel Messi dalam perebutan Ballon d’Or tahun ini menimbulkan pertanyaan bagi sebagian pihak. Namun Messi dinilai sangat layak menang karena menguasai 10 kategori semasa masih memperkuat Barcelona sepanjang satu tahun lalu.

Robert Lewandowski yang berada di posisi kedua dan Jorginho di peringkat ketiga memang juga tampil begitu mengesankan bersama klubnya masing-masing. Meski hanya mampu membawa Barcelona menjuarai trofi Copa del Rey, La Pulga juga sukses menampilkan dominasinya di berbagai statistik individual pemain.

Berikut, 10 bukti kedahsyatan Messi yang membuatnya diganjar Ballon d’Or 2021 seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jumlah Gol Musim 2020/2021

Jumlah 38 gol menjadikan Messi sebagai salah satu pemain tersubur dalam satu musim kompetisi lalu. Ia bahkan sukses menjadi pemain pertama dengan raihan El Pichichi atau topskor LaLiga Spanyol sebanyak delapan kali dengan torehan 30 gol.


Baca Juga:


2. Jumlah Assist

Selain memimpin jumlah gol dalam beberapa variasi, Messi juga jadi pemimpin dengan menjadi pemain paling banyak mengkreasikan assist, yakni 18 assist.

3. Jumlah Gol dari Luar Kotak Penalti

Kembali soal kategori gol, Messi juga tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak dari luar kotak pinalti dengan capaian 8 gol. Ia unggul lima gol atas rival abadinya, Cristiano Ronaldo yang hanya mengemas 3 gol dari luar kotak penalti.

4. Jumlah Gol dari Bola Mati

Dalam hal eksekusi tendangan bebas langsung, Messi juga memimpin dengan torehan 3 gol.

5. Jumlah Tembakan

Dalam hal menciptakan peluang, tidaklah mengejutkan bahwa Messi yang berstatus topscorer LaLiga musim lalu juga mengungguli semua pemain depan di LaLiga soal tembakan terbanyak.

Berdasarkan catatan Whoscored, Messi sukses melepaskan hingga 196 tembakan, jauh lebih banyak dari yang dicatatkan Karim Benzema (123 shots) dan Gerrard Moreno (97 shots). Total, Messi membukukan 233 tembakan di semua ajang musim kemarin bersama Barcelona.

6. Jumlah Tembakan Terarah

Dari total 196 tembakan yang dilepaskan di pentas LaLiga, Messi menorehkan catatan shots on target tertinggi dengan 96 tembakan yang on goal, 50 yang off target dan 55 lainnya kena blok. Secara keseluruhan, Messi membukukan 111 tembakan on target di semua ajang musim kermarin.

7. Menciptakan Peluang

Messi benar-benar mampu memikul beban timnya. Bukan hanya soal jumlah gol dan assist, Messi juga menjadi kreator peluang terbaik di Barcelona musim kemarin. Dari kategori penciptaan peluang, Messi juga berada di daftar teratas dengan 100 umpan kunci atau Keypasses, di mana kesemuanya datang dari situasi open play.

8. Jumlah Dribel Sukses

Messi dikenal sebagai pemain dengan kemampuan menggiring bola kelas wahid. Bintang Argentina itu sangat bisa melewati 4-5 pemain dalam waktu bersamaan. Sebagai bukti, pada musim kemarin, Messi jadi pemain yang paling banyak melakukan dribel sukses berdasarkan catatan Whoscored dengan torehan 188 successful dribbles dalam 44 penampilan di semua ajang bersama Barcelona.

9. Jumlah Operan

Sepanjang musim kemarin, Messi juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak melepaskan operan, yakni 2.248. Rinciannya, 71 operan long ball sukses, 25 umpan long ball salah sasaran, 1.843 umpan pendek sukses dan 303 short passes off target.

10. Jumlah Umpan Terobosan

Hanya segelintir pemain di dunia yang bisa menciptakan umpan terobosan semulus Messi. La Pulga sangat mampu melihat celah yang seringkali tidak bisa diduga pemain lain lain. Dikutip dari Sportskeeda, tidak ada pemain lain di LaLiga bahkan lima liga top Eropa yang bisa menyamai torehan 20 umpan terobosan Messi. Paling dekat, hanya Angel Di Maria di PSG yang punya 16 umpan terobosan.

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1 hanya di Vivagoal.com