5 Fakta Besar Klub Eropa yang Sempat Dinyatakan Bangkrut - Vivagoal.com
5 Fakta Besar Klub Eropa yang Sempat Dinyatakan Bangkrut

5 Fakta Besar Klub Eropa yang Sempat Dinyatakan Bangkrut

Heri Susanto - October 27, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Meski banyak tim-tim Eropa memiliki reputasi sebagai raksasa atau kuda hitam yang kerap menyulitkan tim-tim tradisional lain, hal tersebut tak menjamin mereka bisa terbebas dari kebangrutan. Ada lima tim besar yang sempat dinyatakan bangkrut karena satu dan lain hal.

Kebangkrutan sebuah klub terjadi lantaran masalah yang klasik. Pemasukan lebih sedikit dari pada pengeluaran. Dalam prinsip ekonomi, hal tersebut merupakan sesuatu yang patut dihindari dalam moda bisnis apapun, termasuk mengelola tim sepakbola.

Real Madrid, PSG hingga Manchester City misalnya. Tim-tim tersebut kerap mendatangkan pemain bintang dalam jumlah yang besar dengan cara yang mengkhawatirkan, yakni berhutang. Di samping punya pemilik yang kaya raya, secara kestabilan finansial, tiga tim tersebut memiliki pendapatan yang lumayan besar mulai dari hak siar, sponsor, tiket dan lain sebagainya. Hal tersebut sekaan tak terlalu berpengaruh banyak kala mereka mendaratkan pemain dengan status bintang di setiap musim.

Masifnya perputaran uang dalam industri sepakbola mau tak mau membuat klub bergegas mendaratkan para pemain dengan dana yang lumayan besar. Namun kembali ke masalah awal, tata kelola keuangan yang buruk pada akhirnya bisa membuat sebuah tim terpuruk, bahkan dinyatakan bangkut.


Baca Juga:


Tak jarang, pemilik klub yang hanya mengeruk keuntungan guna memperkaya diri sendiri juga membuat klub menjadi kian buram masa depannya. Newcastle United misal. Sebelum diakuisisi Public Fund Invesment (PIF), Mike Ashley bisa dibilang menjadi pemilik yang lumayan pelit membelanjakan dana untuk membangun tim. Tak jarang, ia menjual pemain dengan harga mahal dan tak menggantinya dengan pemain yang sepadan.

Hal yang sama juga sempat terjadi pada Valencia saat ini di bawah kepemimpinan Peter Lim. El Che juga nampak hanya tinggal menunggu waktu menuju kehancuran meski sebelumnya mereka berstatus sebagai kuda hitam yang lumayan disegani di LaLiga maupun kompetisi Eropa.

Kini, Vivagoal sudah merangkum lima tim dengan reputasi besar di Eropa yang sempat mengalami kebangkrutan. Bahkan, momok menakutkan tersebut masih terlihat sisa-sisanya sampai hari ini. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.