5 Fakta Bintang Sepakbola Dunia yang Mentas dan Pensiun di Asia - Vivagoal.com
5 Fakta Bintang Sepakbola Dunia yang Mentas dan Pensiun di Asia

5 Fakta Bintang Sepakbola Dunia yang Mentas dan Pensiun di Asia

Heri Susanto - January 2, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Cristiano Ronaldo resmi datang ke Al Nassr yang mentas di Saudi Pro League. Selain Ronaldo, ada berbagai bintang sepakbola dunia yang mengakhiri karir mereka di Asia alih-alih di Eropa ataupun Amerika Serikat.

Ronaldo datang ke Al-Nassr di bursa Januari ini pasca kontraknya diputus oleh Manchester United pasca lakukan wawancara kontroversial dengan Piers Morgan tanpa seizin klub. Ia resmi menjadi pesepakbola dengan bayaran termahal. CR7 mendapatkan bayaran 200 juta Euro per tahun!

Angka tersebut meliputi gaji dan rangkaian branding lain. Asia memang tak segan memberikan gaji tinggi bagi para pesepakbola Dunia agar mau mentas di sana. Chinese Super League pernah melakukan hal yang sama beberapa waktu lalu kala daratkan Carlos Tevez, Nicolas Anelka, Didier Drogba hingga Oscar.

Mereka jelas harus beradaptasi ulang dengan kultur, budaya hingga cuaca. Meski sempat main, tak semua nama yang dibayar tinggi tersebut rela pensiun di Asia. Nyatanya, beberapa nama yang disebut di atas memilih pensiun di tim lain di luar Asia dan hanya sedikit pemain top yang rela habiskan karir di Benua Kuning.


Baca Juga:


Meski begitu, ada serangkaian pemain kelas kakap dari seluruh Dunia yang sudah malang melintang dan berprestasi di sana untuk kemudian putuskan akhiri karir di Asia. Di luar pendapatan yang besar, mereka juga bisa mengepak pendapatan fantastis hasil dari kerjasama komersial kala berada di Asia.

Vivagoal telah merankum lima pemain Dunia yang putuskan pensiun di Asia. Semua nama yang disemat di bawah merupakan ikon sepakbola dari berbagai generasi yang berdekatan. Beberapa di antaranya bahkan pernah hantarkan negara masing-masing juarai Piala Dunia. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.