5 Fakta Copa del Rey, Kompetisi Tertua Spanyol - Vivagoal.com
Copa del Rey

5 Fakta Copa del Rey, Kompetisi Tertua Spanyol

Dimas Sembada - March 2, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal5 FaktaPerebutan tiket final Copa del Rey 2021 makin sengit. Barcelona, Sevilla, Levante dan Athletic Club bersiap menampilkan permainan terbaik dalam laga semi final yang akan digelar tengah pekan ini.

Barcelona berada dalam situasi sulit, skuad besutan Ronald Koeman tersebut dituntut untuk bisa comeback setelah di leg pertama lalu menyerah dari Sevilla 2-0. 

Sementara itu, laga sengit akan dipastikan terjadi di Ciutat de Valencia. Levante gantian akan menjamu Athletic Club usai kedua kesebelasan hanya bermain imbang 1-1 di pertemuan pertama. 

Lantas tahukah Anda soal siapa raja sebenarnya di Copa del Rey? Berikut kami sajikan 5 Fakta soal Copa del Rey, sebagai salah satu kompetisi sepakbola tertua:

1.Merayakan Penobatan Raja

Raja Del Rey

Digulirkan sejak 1903, mulanya kompetisi ini dinamai Campeonato de España-Copa de Su Majestad el Rey dan perlahan mulai dikenal dengan nama Copa Del Rey. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) resmi menjadi pengasuh kejuaraan ini. 

Juan de Astorquia, Presiden Klub Athletic Bilbao dan Carlos Padrós yang pada akhirnya jadi Presiden Real Madrid adalah dua sosok pencetus kompetisi ini. Keduanya mengusulkan sebuah turnamen sepak bola untuk merayakan penobatan Raja Spanyol Alfonso XIII . Karenanya tak aneh bila Copa del Rey dalam perjalanannya kerap disebut dengan nama Piala Raja. 

Di edisi perdana, Madrid, Barcelona, Espanyol, NF de Madrid dan Club Bizcaya (gabungan klub Athletic Club dan Bilbao FC) jadi peserta  Di mana Bilbao pada akhirnya menjadi pemenang usai mengandaskan Barcelona. 

2.Barcelona

Barcelona Copa del Rey

Barcelona tercatat menjadi tim tersukses dalam gelaran ini. Klub asal Catalan tersebut sudah berhasil menggondol 30 trofi Copa del Rey sepanjang sejarah. 

Totalnya, Barcelona 41 kali menjejakkan kaki di Final, andai mereka sukses comeback tengah pekan nanti, maka final musim ini akan menjadi yang ke-42 buat El Barca. 

Lionel Messi, kapten Barcelona, menjadi salah satu pemain paling sukses di kejuaraan ini. Messi sukses mengemas 54 gol di Copa del Rey sejak pertama diturunkan pada musim 2004 silam.

3.Atletico Bilbao

Athletic Boilbao Copa del Rey

Athletic Bilbao, sebagai salah satu pelopor kejuaraan ini juga jadi salah satu klub tersukses di Copa del Rey. Menembus final sebanyak 37 kali, 23 diantaranya berakhir untuk kemenangan Athletic Bilbao. 

Trofi terakhir Copa del Rey mereka dimenangkan pada musim 1984 silam. Sedangkan 2015  menjadi final terakhir mereka yang berakhir untuk kekalahan. 

Sedangkan untuk musim 2019, Bilbao sejatinya berhak mengunci tiket final kontra Real Sociedad. Sayangnya pandemi membuat laga final diundur dan rencananya bakal digelar pada April mendatang.


Baca Juga: 


Karenanya, musim ini menjadi langkah besar buat Bilbao. Mereka berpeluang untuk memperbaiki catatan mereka di Copa del Rey dan manggung di dua final sekaligus.

Di edisi 2021, mereka ditantang Levante di semifinal. Skuad besutan Marcelino Garcia Toral hanya perlu menang dengan selisih satu gol demi mengunci tiket final. Mengingat di leg pertama lalu mereka bermain imbang 1-1 kontra Levante. 

4.Telmo Zarra

Telmo Zara

Soal siapa pemain paling tajam di Copa del Rey, nama Telmo Zarra berada di daftar teratas. Dia tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Raja.

Sepanjang penampilannya di Copa del Rey dari 1939 hingga 1957 Zarra berhasil menjaringkan 81 gol mengungguli dua nama besar, Ferenc Puskas dan Laszlo Kubala. 

Zarra sendiri dikenal sebagai sosok legendaris bagi Bilbao sekaligus sepakbola Spanyol. 

5.Trofi Copa del Rey

Trofi Copa del Rey

Selain sebagai kompetisi tertua di Spanyol dan dunia, tiket UEFA Liga Eropa yang dihadiahi untuk pemenang menjadikan ajang ini cukup diperhatikan. Tak hanya itu, pemenang juga berhak untuk manggung di Supercopa untuk menantang juara Liga. 

Andai juara liga dan juara Del Rey adalah klub yang sama, maka tiket  Suppercopa akan diberikan pada runner up klub.

Dikutip dari berbagai sumber ada yang unik dari trofi Copa del Rey. Piala yang dikenal saat ini dibuat langsung juru perhiasan asal Madrid, Federico Alegre yang terbuat dari perak dengan berat 15 kg. 

Real Madrid menjadi tim pertama yang berhasil memenangkan trofi ‘baru’ Copa del Rey tersebut.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com