5 Fakta Liga Champions, Pembuktian Raksasa Eropa - Vivagoal.com
5 Fakta Liga Champions

5 Fakta Liga Champions, Pembuktian Raksasa Eropa

Dimas Sembada - February 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal ‚Äď 5 Fakta ‚Äď Anomali nampak bakal tersaji di Liga Champions 2020/21 musim ini. Melorotnya performa beberapa langganan juara, membuka peluang untuk beberapa tim.

Usai rehat, Jadwal Liga Champions  bakal kembali tersaji tengah pekan ini. Anthem Champions buatan Tony Britten yang tersohor itu dipastikan akan berkumandang di beberapa stadion Eropa yang menggelar pertandingan.

Uniknya ada beberapa catatan jelang memasuki duel babak 16 besar Liga Champions. Termasuk beberapa kejutan yang diprediksi bakal terjadi.

Kira-kira tim mana yang bakal jadi favorit juara musim ini dan akan sukses mengamankan tiket final di Istanbul nanti? Atau adakah klub yang sudah dipastikan terpeleset di 16 besar?

Vivagoal merangkum 5 Fakta soal beberapa peserta yang berhasil menembus fase knock out Liga Champions 2020/21. Berikut ulasan selengkapnya:

1.Liverpool

Dominasi Tanpa Hasil dari Liverpool, Klopp: Salahkan Saya
Foto: This is Anfield

Liverpool punya sejarah panjang di Liga Champions, enam kali sukses menjuarai ajang ini, The Reds tak bisa dianggap enteng. Bakal bertemu dengan RB Leipzig, Liverpool dipastikan bakal berusaha tampil sebaik mungkin.

Satu hal yang perlu dicatat, skuad besutan Jurgen Klopp itu tidak berada dalam performa terbaiknya. Ditinggal beberapa pemain kunci, khususnya di lini belakang setelah Virgil van Dijk dan Joel Matip cedera, The Reds terseok-seok di kancah domestik.

Hanya berhasil meraih dua kemenangan dalam 10 pertandingan Liga Inggris, jadi bukti Liverpool sedang dalam tren menurun. Mereka bahkan terlempar dari perburuan gelar EPL musim ini dan tengah berjuang untuk tetap bisa berada di posisi empat besar.

Namun demikian, dengan keberadaan Ozan Kabak, sebagian menilai Liverpool sudah lebih siap. Memasang Kabak kontra RB Leipzig  dan mengembalikan Jordan Henderson ke lini tengah bisa jadi solusi untuk menghadapi perlawanan wakil Bundesliga tersebut.

Punya kekuatan sejarah, Liverpool masih akan difavoritkan untuk lolos. Namun untuk menjadi juara, masih banyak yang harus dibuktikan oleh mereka ditengah krisis pemain yang dialami.

2.Barcelona

Debut di Barcelona, IIaix Moriba: Saya Bahagia Mendapat Umpan dari Messi
Foto: News18

Terseok-seok di awal musim, Barcelona beruntung punya Lionel Messi. Meski  dirumorkan akan hengkang, tapi Messi masih memegang peran penting khususnya buat Blaugrana  di ajang Liga Champions.

Messi dinilai tetap bakal menjadi tumpuan Ronald Koeman di partai 16 besar nanti kontra Paris Saint-Germain. Di mana mereka diuntungkan dengan cederanya Neymar di  kubu Les Parisiens.


Baca Juga: 


Di sisi sebaliknya, finalis Liga Champions musim lalu itu bakal berusaha mati-matian mengulang kesusksesan musim lalu. Jika Messi akan jadi tumpuan Barcelona, PSG diyakini bakal berharap banyak pada sosok Kylian Mbappe.

Melihat penampilan di ajang domestik masing-masing, Barcelona perlu usaha lebih untuk menundukan PSG di partai nanti. Meski Les Parisiens tanpa Neymar, kolektifitas ala Maurcio Pocehttino bisa jadi ancaman buat Barcelona.

3.Atletico Madrid

Hasil LaLiga Spanyol Madrid Terus Tempel Atletico Di Puncak Klasemen
Foto: The Guardian

Musim ini angin bertiup segar buat Atletico Madrid di berbagai ajang. Di Liga Champions, skuad besutan Diego Simone layak jadi unggulan.

Bermodalkan laju positif di LaLiga dengan hanya baru sekali kalah sepanjang musim ini, Los Cholconeros berada di posisi yang cukup baik. Ditambah lagi dengan kehadiran Luis Suarez yang terus menunjukan ketajaman.

Ditopang dengan penampilan enerjik Joao Felix, skuad besutan Diego Simeone disebut punya lini depan paling kejam di Eropa.

Karenanya, tak aneh bila Los Rojiblancos dianggap sebagai salah satu penantang gelar terkuat Liga Champions musim ini.  Goal bahkan memprediksi, Atletico Madrid bakal menyegel satu tempat di Istanbul akhir musim nanti.

4.Juventus

Juventus
Foto: Blackwhitereadallover

Perlahan namun pasti Juventus di bawah asuhan Andrea Pirlo mulai menunjukan permainan terbaiknya. Berhasil mengemas 10 kemenangan dari 13 ajang domestik  jadi modal yang cukup baik buat Si Nyonya Tua menapaki babak 16 besar Liga Champions.

Punya tren positif di laga tandang membuat Juve  disebut bakal mudah menghentikan perlawanan Porto di Estadio do Dragao. Sebelumnya, Barcelona, AC Milan dan Inter dipaksa bertekuk lutut di kandangnya sendiri.

Cristiano Ronaldo dipercaya bakal jadi senjata rahasia Juventus. Apalagi Andrea Pirlo benar-benar menjaga kondisi Ronaldo yang sudah menginjak usia 36 tahun tersebut. Sang juru latih benar-benar memaksimalkan si pemain di saat yang tepat dengan kerap menarik dan menurunkannya di waktu tertentu.

“Tidak ada klausul kontrak yang mengatakan dia tidak bisa diganti. Dia tahu dia adalah pemain fundamental bagi kami tetapi untuk mendapatkan nafasnya kembali, dia harus selalu berada di puncak.

“Saya mengatakan [kepadanya] bahwa dia harus istirahat, kami memiliki pertandingan penting. Dia telah memainkan banyak pertandingan berturut-turut, sesekali sedikit istirahat baik untuknya,” kata Pirlo kepada Rai 1.

5.Manchester City

City
Foto: Eurosport

Tim lain yang tampaknya menemukan performa terbaik jelang 16 besar Liga Champions adalah Manchester City. Skuad besutan Jurgen Klopp itu menjadi tim papan atas Inggris pertama yang memenangkan 16 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi.

Fakta bahwa sebagian besar permainannya dilakukan tanpa Kevin De Bruyne atau Sergio Aguero tak bakal menyulitkan laju mereka di Liga Champions. Menghadapi Borussia Monchengladbach di babak 16 besar, City masih menjadi unggulan.


Baca Juga: 


Sementara itu, Josep Guardiola, Pelatih Manchester City, pasti berhasrat besar ingin membawa The Citizen merajai Liga Champions. Tercatat, selama Guardiola ambil kuasa di Etihad, prestasi terbaiknya hanya mengantar City hingga perempat final Liga Champions.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com