5 Fakta Kapten Klub Terbaik Sepanjang Sejarah - Vivagoal.com
5 Fakta Kapten Klub Terbaik Sepanjang Sejarah

5 Fakta Kapten Klub Terbaik Sepanjang Sejarah

Heri Susanto - September 5, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Pernanan kapten dalam sebuah tim sepakbola terbilang krusial. Mereka adalah tangan kanan pelatih di dalam lapangan maupun ruang ganti. Sejauh ini, ada lima kapten yang dianggap memiliki pernaan besar di tim yang dibelanya.

Kapten yang baik bisa dengan mudah menjadi contoh teladan bagi rekan setimnya. Sebagai seorang pemimpin, ia harus memiliki karisma yang mumpuni guna menjadi juru bicara yang baik kala berargumen dengan wasit. Ia juga harus menjadi penengah yang baik bagi timnya.

Tak perlu menjadi pesepakbola yang handal untuk menjadi seorang kapten tim. Angelo Di Livio atau Alessandro Lucarelli bisa menjadi contoh. Tatkala sepasang timnya yakni Fiorentina dan Lazio diambang kebangrkutan dan harus merangkak dari bawah, keduanya putuskan bertahan alih-alih hengkang ke tim lain.

Hal serupa juga pernah terjadi pada Alessandro Del Piero, ketika Juventus terjerat Calciopoli dan harus terdegradasi ke Serie B, De Piero sempat mendapat kontak dari Manchester United untuk membawanya ke Inggris. Namun ia langsung menampiknya dengan kata-kata relevan yang quote-able sampai sekarang, “ A true Gentelman never left his Lady,”


Baca Juga:


Selain tiga nama di atas, masih banyak pemain yang menjadi kapten sekaligus menjadi ikon klub sejak lama, Francesco Totti, Steven Gerrard, Raul Gonzalez hingga Sergio Ramos bisa menjadi contoh yang relevan. Melepas berbagai nama tersebut ke tim lain tak ubahnya menurunkan bendera klub.

Selain berbagai nama di atas, Vivagoal telah merangkum beberapa pemain yang sukses menjadi kapten terbaik yang mentas untuk klubnya masing-masing. Selain memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, mereka juga sukses hantarkan tim mendulang berbagai prestasi besar. Siapa saja? berikut daftarnya.