5 Fakta Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Melatih di Asia - Vivagoal.com
5 Fakta Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Melatih di Asia

5 Fakta Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Melatih di Asia

Heri Susanto - April 20, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Berbagai Negara di Asia sempat melakukan pergerakan masif di dunia sepakbola dengan mendatangkan berbagai pemain kelas dunia dan pelatih-pelatihnya. Namun kisah manis tersebut pada akhirnya hanya berjalan sebentar.

Di era Chinese Super League, berbagai kontestannya berlomba-lomba mendatangkan para pemain bintang. Didier Drogba, Graziano Pele, Hulk hingga Alexandre Pato pernah merapat guna menyemarakan kompetisi sepakbola di Negeri Tirai Bambu.

Kedatangan para pesepakbola yang biasa dijumpai di Eropa ini membuat para tim dari CSL harus mengeluarkan dana besar untuk memberikan pemain-pemain tersebut gaji fantastis sebagai kompensasi yang harus dikeluarkan untuk meninggalkan Eropa.

Sebagai gambaran, mantan pemain PSG, Ezequiel Lavezzi mendapatkan bayaran tak kurang dari 798 ribu paun per pekan. Artinya dalam satu musim, pemain asal Argentina mendapatkan bayaran tak kurang dari 41,5 juta paun. Ia berkarir selama tiga musim di Hebei China Fortune.


Baca Juga:


Selain pemain, beberapa pelatih kelas dunia juga pernah meramaikan Chinese Super League. Kebanyakan dari mereka memiliki rekam jejak manajerial yang lumayan panjang di Eropa maupun Amerika Selatan. Bahkan prestasi semua nama yang tersemat bukanlah hal yang patut ditepilan bagitu saja.

Ada lima nama yang tersemat dalam daftar. Beberapa di antaranya pernah memenangi Piala Dunia. Sebagaian lainnya bahkan pernah disebut sebagai pelatih terbaik di eranya masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.