5 Fakta Carles Puyol, Kapten Terbaik Barcelona - Vivagoal.com
5 Fakta Carles Puyol, Kapten Terbaik Barcelona

5 Fakta Carles Puyol, Kapten Terbaik Barcelona

Heri Susanto - April 13, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Barcelona sukses membangun kekuatan di dalam klub melalui para jebolan La Masia. Ada satu nama yang lumayan meninggalkan kesan bagi Blaugrana yakni Carles Puyol. Puyol merupakan sosok yang wajib mendapatkan kredit lebih.

Sosok kelahiran La Pobla de Segur, 13 Aoril 1978 menjadi sosok yang paling dihomati skuat kala masih mentas sebagai pemain. Puyol bahkan menjadi pemain yang tak tergatikan dalam tim sejak memulai debutnya pada 2 Oktober 1999 lalu di usia 21 tahun.

Puyol sempat bermain di berbagai posisi di awal karir sepakbolanya. Ia sempat mentas sebagai penjaga gawang hingga penyerang. Bahkan ketika di La Masia, Puyol sempat bermain sebagai gelandang bertahan sebelum akhirnya digeser sebagai fullback kanan. Namun setelahnya, Puyol banyak mentas sebagai bek tengah.

Ia mampu berduet dengan baik bersama Gerard Pique. Bahkan, boleh dibilang kehadiran Puyol mempermudah kinerja Pique di lini belakang. Ia juga kerap berduet dengan Yaya Toure di era keemasan Barcelona.


Baca Juga:


Kala bermain sebagai bek tengah, Puyol memiliki berbagai momen menarik. Sempat terperosok di bawah Lous Van Gaal, bangkit di era Frank Rijkard dan mendulang kejayaan di bawah Pep Guardiola. Selain itu, ia juga pernah berbagi tempat dengan berbagai bintang Barcelona macam Rivaldo, Ronaldinho, Rafa Marquez, Thierry Henry hingga Lionel Messi.

Puyol juga memiliki catatan khusus bersama klub. Namanya tercatat sebagai pemegang rekor kapten klub terlama. Puyol mengemban tugas tersebut pada 2004 dan melepasnya kala putuskan pensiun di tahun 2014 lalu.

Vivagoal sudah merangkum lima fakta menarik soal Carles Puyol guna menyambut hari ulang tahunnya yang ke-44. Puyol ternyata memiliki berbagai hal yang menarik untuk diulas lebih jauh. Berikut daftarnya.