5 Fakta Pemain Kutu Loncat di Sepakbola Indonesia - Vivagoal.com
5 Fakta Pemain Kutu Loncat di Sepakbola Indonesia

5 Fakta Pemain Kutu Loncat di Sepakbola Indonesia

Heri Susanto - July 22, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Di tengah belum jelasnya jadwal Liga 1 2021, ada berbagai fakta menarik soal para pemain yang berkiprah di kompetisi teratas sepakbola nasional itu. Vivagoal mencatat sedikitnya ada lima pemain nasional yang berstatus sebagai kutu loncat lantaran kerap kali berganti tim hampir di setiap musimnya.

Seorang pesepakbola profesional biasanya bakal dihadapkan pada dua hal dalam karirnya. Loyal kepada tim yang dibela atau hengkang demi mendulang finansial yang stabil maupun meraih prestasi yang tak bisa didapatkan di tim yang mereka tengah bela.

Untuk hal pertama, yakni loyalitas, sulit menemukan pemain yang hanya bertahan untuk satu klub di Indonesia. pendeknya masa durasi kontrak mungkin menjadi salah satu alasan. Sejauh ini, hanya ada nama (alm) Choirul Huda (Persela), Dendi Santoso (Arema) dan Yustinus Pae (Persipura) yang masih menyandang status sebagai one man club. Namun nama terakhir sudah dicoret dari tim lantaran kasus indisipliner yang dilakukannya beberapa waktu lalu.

Sisanya, banyak pemain Indonesia yang melalang buana dari satu klub ke klub lain. Banyak nama yang hilir mudik berganti klub lantaran berbagai faktor. Jarang adanya skema kontrak jangka pajang yang diberlakukan sebuah klub serta finansial. Tak jarang, berbagai tim besar tak segan menawarkan gaji fantastis bagi pemain incarannya untuk bergabung ke tim barunya itu.


Baca Juga:


Di antara sederet pemain yang hilir mudik pindah dari satu tim ke tim lainnya, Vivagoal mencatat ada lima nama yang kerap berganti klub dalam karir profesionalnya. Tak tanggung-tanggung, mereka yang ada dalam daftar pernah lebih dari 10 kali berganti seragam. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.