5 Fakta Transfer Paling Kontroversial di Dunia Sepakbola - Vivagoal.com
5 Fakta Transfer Paling Kontroversial di Dunia Sepakbola

5 Fakta Transfer Paling Kontroversial di Dunia Sepakbola

Heri Susanto - July 15, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Per 9 Juni kemarin hingga 31 Agustus mendatang, bursa transfer musim panas resmi dibuka. Vivagoal mencatat ada setidaknya lima transfer paling kontroversial yang terjadi di dunia sepakbola.

Dibukanya bursa transfer musim panas jelas menjadi oase bagi seluruh tim di berbagai penjuru Eropa. Pasalnya, dengan dibukanya lantai bursa, berbagai tim memiliki kesempatan mendatangkan pemain guna membuat performa lebih solid dari musim sebelumnya.

Tak hanya menambah kekuatan, bursa transfer juga bisa dijadikan sarana bagi tim-tim minor untuk mendulang keuntungan via penjualan pemain. Liga Portugal, Bundesliga dan Eredivisie menjadi importer terbaik para pemain berkualitas untuk didistribusikan ke liga top Eropa macam Premier League, LaLiga, Ligue 1 hingga Serie A.

Panjangnya rentang waktu pada bursa transfer musim panas juga tak ayal menimbulkan banyak rekor transfer yang tercipta. Klub lebih santai melakukan negoisasi dengan pemain incarannya Sejauh ini, kedatangan Neymar Jr dari Barcelona ke PSG pada bursa musim panas 2017/18 dengan mahar 222 juta Euro masih belum bisa dipecahkan pemain manapun.


Baca Juga:


Di samping rekor, perpindahan berbalut kotroversi juga kerap terjadi. Perpindahan di sini artinya melibatkan dana transfer dari satu klub ke klub lain. Artinya, beberapa pemain macam Clerence Seedort (dari Inter ke AC Milan) atau Hakan Calhanoglu (Milan ke Inter) hingga Mark Klok (Persija ke Persib) tak masuk hitungan lantaran tiga nama tersebut hengkang ke tim rival pasca kontraknya berakhir bersama klub sebelumnya. Lantas, siapa saja pemain yang memutuskan pindah ke tim rival dan hadirkan kontoversi di jagad sepakbola? Berikut daftarnya.