5 Laga Pilihan di Putaran Kelima FA CUP 2020/21 - Vivagoal.com
FA Cup

5 Laga Pilihan di Putaran Kelima FA CUP 2020/21

Dimas Sembada - February 9, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal 5 Fakta – Tak terasa FA Cup musim ini akan segera memasuki putaran kelima. Sejauh ini tak banyak kejutan yang terjadi, bebarapa tim besar melaju mulus hingga saat ini.

Meski masih didominasi oleh klub-klub asal Premier League, tapi di putaran keempat lalu, beberapa klub dari Championship sempat tampil merepotkan.

Di putaran kelima ini, beberapa laga ketat bakal tersaji, bahkan bigmatch dijadwalkan bakal berlangsung tengah pekan ini.

Vivagoal kali ini merangkum 5 fakta, data dan jadwal FA Cup di putaran kelima yang layak untuk disaksikan. Berikut daftarnya:

1.Everton Vs Tottenham

Everton Tottenham
Foto: Action Network

Bigmatch antara  Everton dan Tottenham Hotspur bakal tersaji di Goodison Park pada Kamis (11/2/2021) dini hari WIB. Meski berstatus sebagai tuan rumah, Tottenham datang dengan catatan lebih baik.

The Lilywhites tercatat belum pernah mengalami kekalahan saat bersua Everton di berbagai kompetisi sejak Desember 2012.  Skuad besutan Carlo Ancelotti jelas harus memutar otak untuk menyongsong laga ini andai tak mau tersingkir.

Everton akan mati-matian di partai ini setelah mereka mengusung target  menembus perempat final untuk pertamakalinya sejak musim 2015/16. Gelandang asal Kolombia, James Rodriguez, diyakini bakal jadi pemain kunci di pertandingan nanti.

James tercatat selalu tampil apik di FA Cup. Dia sukses mengemas tiga assists dari lima gol terakhir Everton yang dicetak beberapa pemain berbeda  di FA Cup.

2.Barnsley Vs Chelsea

Chelsea
Foto: Sports Illustrated

Laga Barnsley Vs Chelsea yang akan digelar pada Jumat (12/2/2021) dini hari WIB, bakal jadi ajang pembuktian Thomas Tuchel. Pelatih anyar Chelsea itu berkesempatan untuk menunjukan skema rancangannya mengingat kelas Barnsley yang berada di bawah Chelsea.

Terbiasa mengandalkan setplay semenjak membesut Chelsea, laga nanti jadi ajang yang tepat untuk Tuchel bereksperimen. Pasalnya, beberapa pemain penting The Blues harus menepi dan dipastikan tidak bisa tampil.

Tercatat ada empat pemain kunci yang masih diragukan tampil. Mereka yakni;Kai Havertz, Thiago Silva, Timo Werner dan Christian Pulisic.

Di sisi sebaliknya, Barnsely yang bertindak sebagai tuan rumah tak ingin menyerah begitu saja. Pelatih Valerien Ismael, mengaku sudah punya taktik khusus untuk menundukan The Blues.

Ismael disebut-sebut sudah tahu cara bermain yang akan digunakan Tuchel di pertandingan nanti. Sang juru latih sebelumnya kerap berduel dengan Tuchel saat dirinya membesut Wolfsburg dan Tuchel menukangi Borussia Dortmund.

3.Swansea Vs Man City

City
Foto: Eurosport

Swansea menjalani mimpi buruk di putaran kelima FA Cup musim ini. Klub yang berkandang di Liberty Stadium tersebut, harus menjamu pemimpin klasemen Liga Inggris sementara, Manchester City.

Di ajang Premier League, The Citizen tampil tanpa cela. Terbaru, mereka baru saja menundukan Liverpool, sebagai rival terkuat mereka beberapa tahun belakangan ini.

Secara statistik, skuad besutan Pep Guardiola unggul jauh dari Swansea. Mereka sukses mengemas 12 kemenangan dari 14 pertemuan terakhir dengan Swansea di berbagai ajang.



Baca Juga: 


Tak hanya itu, City juga berhasil memenangi 18 dari 21 laga di FA Cup semenjak Guardiola ambil kuasa. Bersama pelatih asal Spanyol tersebut, mereka bahkan jadi tim paling produktif di FA Cup.

Melihat fakta-fakta ini, Man City jelas berada di atas angin dalam lawatannya ke Liberty Stadium. Kecil kemungkinan Sweansea bisa memberi kejutan setelah mereka tak pernah menang setiap berhadapan dengan wakil dari Premier League sejak FA Cup 2013/14.

4.Leicester Vs Brighton

Brighton Leivester
Foto: Birghton Independent

Laga ketat diprediksi bakal tersaji saat Leicester City berhadapan dengan Brighton pada Kamis (11/2/2021) dini hari WIB. Kedua kesebelasan bakal tampil mati-matian untuk lolos ke babak selanjutnya.

Secara Head to Head, Leicester unggul dengan tak pernah terkalahkan dari tujuh pertemuan terakhir mereka kontra Braghton. Lima laga berhasil dimenangkan The Foxes sementara dua pertandingan lain berkhir dengan skor imbang.

Sejarah mencatat, Brighton lama paceklik kemenangan kala berhadapan dengan Leicester di FA Cup. Kemenangan terakhir The Seagull  atas Leicester di FA Cup terjadi pada Januari 1931 silam.

Situasi makin sulit buat Brighton setelah Leicester selalu tampil tajam di FA Cup musim ini. Di mana tujuh gol berhasil dijaringkan dengan smua diciptkan oleh pemain berbeda.

5.Man United Vs West Ham

Westham Vs Man Utd
Foto: Spoortskeda

Duel Man United kontra West Ham United dalam putaran kelima Piala FA jadi partai yang layak disaksikan. Laga antar kedua kesebelasan bakal dilangsungkan di Old Trafford  pada Rabu (10/2/2021) dinihari WIB.

Jelang duel, Setan Merah punya misi khusus, yakni bangkit setelah hanya mampu bermain imbang kontra Everton di Premier League. Tapi demikian, West Ham juga punya target yang sama, menghentikan tren minor usai gagal menang kontra Fulham.

Duet Bruno Fernandes dan Edinson Cavani dipercaya akan menjadi motor permaianan Man United di pertandingan nanti. Sebaliknya, West Ham harus puas tak bias menurunkan Jesse Lingard, pemain anyar mereka di lagan anti.

Laga kedua kesebelasan ini jadi pertandingan yang paling layak disaksikan di pekan kelima FA Cup 2020/21 ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com