Komisi X Setuju Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Sudah Bisa Bela Timnas Indonesia?
Sumber: Instagram @erickthohir

Komisi X Setuju Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Sudah Bisa Bela Timnas Indonesia?

Muhammad Ilham - September 17, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Setelah Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), giliran Komisi X yang menyejutui naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Apakah ini artinya kedua pemain itu sudah bisa membela Garuda?

Selang beberapa jam setelah disetujui Komisi III, Komisi X DPR RI langsung melaksanakan rapat untuk membahas naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, di hari yang sama yaitu Selasa (17/9) sore WIB, yang dibuka secara umum dan bisa disaksikan via Youtube DPR RI.

Setelah Komisi III, Giliran Komisi X yang Setuju Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders
Sumber: Instagram @erickthohir

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, serta Sekretariat Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, hadir dalam rapat kerja ini. Tidak hanya itu, Eliano Reijnders juga mengikuti rapat ini melalui aplikasi zoom.

Setelah mendengar penjelasan dari Menpora serta PSSI, pemimpin rapat kerja, Hetifah Sjaifudian, selaku Wakil Ketua Komisi X, memutuskan untuk menyetujui permohonan kewarganegaraan Eliano Reijnders dan Mees Hilgers untu menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Selanjutnya, hasil rapat kerja ini akan disampaikan pada rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (19/9) mendatang.


Baca Juga:


“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Saudara Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya Rapat Kerja hari ini akan disampaikan pada Rapat Paripurna DPR RI untuk diambil keputusan,” ucap Hetifah.

Tidak hanya itu, dalam rapat kerja tersebut, terdapat dua poin yang diminta oleh Komisi X DPR RI perihal naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. Untuk poin kedua, Komisi X meminta pemerintah dan PSSI untuk memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan dalam rapat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

“Komisi X DPR RI mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatiakn seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya pesepakbolaan nasional,” tambahnya.

Pasca melewati rapat Paripurna DPR RI, naturalisasi belum sepenuhnya rampung. Eliano dan Mees Hilgers harus menunggu Keputusan Presiden (Keppres) terlebih dahulu, sebelum mengambil sumpah kewarganegaraan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Terakhir, setelah menjadi WNI, Eliano dan Hilgers akan melakukan proses perpindahan federasi dari KNVB (Federasi Sepakbola Belanda) ke PSSI. Jika itu semua telah dilalui, maka Eliano dan Hilgers bisa membela Timnas Indonesia.

Terdekat, Eliano dan Hilgers diproyeksikan bela Timnas Indonesia di lanjutan grup C ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Timnas Bahrain dan Cina pada Oktober mendatang.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com