Obrolan Vigo: Rico Lewis yang Akan Menjadi Anak Emas Baru Pep Guardiola

Obrolan Vigo: Rico Lewis yang Akan Menjadi Anak Emas Baru Pep Guardiola

Heri Susanto - October 24, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Rico Lewis mulai mendapatkan peran di tim utama Manchester City. Ia sempat dicoba di berbagai posisi dan berpotensi menjadi senjata mematikan klub di masa mendatang. Sang pemain mampu memegang berbagai peran dengan prima.

Di musim 2024/25 ini, Lewis sempat ambil bagian dalam perjalanan tak terkalahkan City di lintas kompetisi. dalam 11 laga yang dimainkan klub di berbagai ajang resmi, Lewis sudah mentas 10 kali entah sebagai starter atau pengganti. Dalam periode tersebut, ia sudah mendulang empat assist bagi timnya.

Meski berposisi natural sebagai fullback kanan, Pep Guardiola sang peracik taktik mencoba berbagai pos untuk dimainkan pemain berambut kriwil. Ia sempat mentas sebagai fullback kanan ketika City bersua dengan Manchester United di Community Shield, Slovan Bratislava dan Fulham, sekali sebagai bek kiri ketika bersua Brentford. Setelahnya, ia banyak mengemban peran sebagai gelandang bertahan (6x).

Kebisaannya mentas di lintas posisi membuatnya menjadi opsi lain bagi Pep Guardiola. Terlebih, ketika Rodri harus absen lantaran masalah ACL. Ia memainkan Lewis untuk berduet dengan Mateo Kovacic maupun Ilkay Gundogan di lini tengah dan peran tersebut nampak bisa diperankannya dengan baik. Laga melawan Chelsea maupun West Ham bisa menjadi parameter betapa krusialnya peran sang pemain.


Baca Juga:


Dalam berbagai kesempatan, Lewis kerap menjadi pemain yang bebas. Meski di atas kertas ia mentas sebagai gelandang bertahan. Pada prakteknya ia kerap bergerak ke sisi kanan. Ia memiliki kualitas transisi yang lumayan mumpuni. Sejak debut dua tahun lalu, peran-peran berbeda sempat dilakukannya dan ia menjadi lebih progresif jika mau dibandingkan dengan Trent Alexander Arnold yang mentas di Liverpool. Kebetulan, peran keduanya juga hampir-hampir mirip baik di Timnas maupun klub.

Namun untuk membaca bagaimana arah performanya kelak, pos fullback kanan nampaknya bisa menjadi opsi bagi sang pemain di kemudian hari. Ia bakal menjadi perpanjangan Kyle Walker yang kian tergerus usia. Poros tersebut sudah dimainkannya beberapa kali di musim ini. Tak hanya pep, pelatih Timnas Inggris, Lee Carsley juga mempercayakan pos tersebut ketika Kyle belum bermain dan ruang tersebut menjadi milik Lewis.

Obrolan Vigo: Rico Lewis yang Akan Menjadi Anak Emas Baru Pep Guardiola
Sumber: Twitter LewisRico82

Meski begitu, ada satu faktor yang membuat Pep menyayangkan kekurangan dari sang pemain yakni soal postur tubuh. Lewis hanya memiliki tinggi 1,69 cm dan hal tersebut membuatnya sulit memenangi bola-bola panjang yang dilakukan tim lawan. β€œJika ia sedikit tinggi. Ia sudah dianggap sebagai pemain terbaik di Premier League,” urai Pep seperti diwartakan Goal International.

β€œDalam situasi defensid, ia sangat luar biasa. Ia juga bisa tiba di sepertiga akhir sebagai fullback. Ia kerap hadir di kotak penalty. Ia bergerak seperti beberapa pemain yang saya lihat dalam hidup saya. Sejujurnya, Rico adalah pemain top,” timpal Pep.


Baca Juga:


Musim lalu, racikan Pep Guardiola dalam wujud Phil Foden lumayan terasa. Ia sukses memenangkan PFA Player of the Year lantaran memegang peranan penting bagi tim. Musim ini, menit bermain Foden agak tereduksi lantaran mekanisme taktik yang tengah dilakukannya dan Lewis mendapatkan peran yang lebih.

Jalur keduanya pun lumayan sama. Ketika seusia dirinya, Foden semapt ingin dipinjamkan ke tim lain guna mendapatkan menit bermain. Namun ia menolak lantaran masih ingin berjuang menembus tim utama. Hal serupa terjadi pada Lewis. Rasanya, hanya tinggal menunggu waktu sang pemain merekah bersama City dan menjadi anak emas baru Pep setelah pemain dengan nomor 47 itu dalam beberapa tahun ke depan.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com