Alasan Arteta Turunkan Willian Ketimbang Nicola Pepe - Vivagoal.com
Alasan Arteta Turunkan Willian Ketimbang Nicola Pepe
Willian, Sumber: Daily Cannon

Alasan Arteta Turunkan Willian Ketimbang Nicola Pepe

A Hendra - February 26, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Mikel Arteta memilih memainkan Willian kala Arsenal menghadapi Benfica di leg kedua 32 besar Liga Europa. Ada apa dengan Nicolas Pepe, Arteta?

Duel Arsenal vs Benfica digelar di Stadion Georgios Karaiskakis, Jumat (26/2/2021) dini hari WIB dalam lanjutan leg kedua babak 32 besar Liga Europa. The Gunners memetik kemenangan 3-2 berkat sepasang gol Pierre Emerick Aubameyang dan satu gol lainnya dibuat oleh Kieran Tierney.

Dengan hasil itu, Arsenal berhak untuk satu tempat di babak 16 besar usai mengantongi keunggulan agregat 4-3, setelah di leg pertama hanya bermain imbang 1-1.

Yang menarik di laga tersebut, Arteta memutuskan untuk memasukkan Willian di menit ke-63 menggantikan Emile Smith Rowe. Padahal saat itu Arsenal dalam posisi tertinggal 1-2 dan Willian diketahui belum pernah tampil memuskan sejak didatangkan Arsenal sedari awal musim ini dari Chelsea.

Alhasil, keputusan Arteta itu pun sempat dipertanyakan banyak pihak, mengingat masih ada Nicolas Pepe dan Gabriel Martinelli di bangku cadangan yang keduanya sudah terbukti bermain cukup baik sepanjang musim ini.


Baca Juga:


Tapi, Willian mampu menghapus segala kritikan itu dengan tampil apik dan kerap melakukan tusukan-tusukan berbahaya dari sisi kiri. Bahkan, gol yang dicetak Kieran Tierney pada menit ke-63 untuk membuat kedudukan jadi sama kuat 2-2 tercipta berkat assist Willian.

“Soal Willian, saya kira dia mengubah arah pertandingan. Dia membuat kami bermain lebih tenang, ada kreativitas, dia pun memproduksi gol untuk Kieran.

“Tidak banyak ruang kosong di belakang garis pertahanan Benfica. Dua lapis lini pertahanannya sangat ketat dengan 4-4-1-1 atau terkadang 5-3-2. Mereka benar-benar memasang tembok di belakang.

“Kami butuh pemain yang tepat untuk membongkar itu, khususnya yang punya kualitas dalam ruang-ruang sempit untuk menciptakan pergerakan, dan saya kira Willian sudah sangat membantu malam ini,” ujar Arteta di Arsenal.com. (DES)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com