Alasan Frank De Boer Terapkan Formasi Tak Biasa Saat Lawan Italia - Vivagoal.com
Frank de Boer Ditunjuk Latih Atlanta United

Alasan Frank De Boer Terapkan Formasi Tak Biasa Saat Lawan Italia

Irman Maulana - October 15, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBerita Bola – Pelatih Belanda Frank De Boer menjelaskan keputusannya mengubah taktik saat berhadapan dengan Italia dini hari tadi. Menurutnya hal tersebut merupakan respon untuk menyesuaikan dengan kualitas lawan yang dihadapi mereka.

Dalam laga tersebut De Boer cukup mengejutkan banyak pihak, termasuk pelatih Roberto Mancini karena menggunakan formasi 5-3-2. Cukup kontras karena biasanya mereka lebih sering memainkan pola formasi 4-3-3.

Menurut De Boer pergantian formasi itu demi menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh tim Italia serta apa yang bisa dilakukan oleh para pemain Belanda sebagai balasannya.

“Saya ingin bermain dengan lima pemain di belakang sehingga para penyerang tidak harus terus mengejar pemain mereka yang lakukan overlapping,”ujar De Boer dilansir Football Italia.

“Pada dasarnya, ini hanya pertanyaan tentang melihat lawan secara rasional dan mencari tahu apa yang bisa kami tawarkan sebagai balasan. Dalam hal ini berarti mengorbankan pemain seperti Steven (Berghuis).

“Perasaan saya mengatakan jika harus melakukan hal ini. Proses latihan yang kami milik untuk melakukan sistem permainan ini juga sangat menyenangkan.”


Baca Juga:


Perubahan pola permainan tentu sangat dibutuhkan oleh Belanda karena sejauh ini mereka belum tampil maksimal di UEFA Nations League. Sebelumnya Belanda pun hanya bermain imbang melawan Bosnia dan kini sementara berada di peringkat ke tiga Grup A.

“Tentu saja, kami seharusnya bermain lebih baik melawan Bosnia-Herzegovina, tapi malam ini saya pikir kami lebih unggul. Sekitar 60-40%, sepertinya keunggulan Belanda,”ungkapnya.

“Pada akhirnya kami tidak bisa senang dengan hasil ini, karena ingin memenangi grup ini. Tapi dengan penampilan itu memberikan kepercayaan diri yang tinggi. Jika kami bisa bermain seperti ini, apapun taktiknya, maka bisa menyulitkan lawan mana pun.”

Selalu update kabar terbaru seputar Sepakbola Dunia hanya di Vivagoal.com