Analisa Vigo: Cristiano Ronaldo Geliat Liga Arab Saudi - Vivagoal.com
Analisa Vigo: Cristiano Ronaldo Geliat Liga Arab Saudi
Sumber: Detiksport

Analisa Vigo: Cristiano Ronaldo Geliat Liga Arab Saudi

Heri Susanto - June 8, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Saudi Pro League merupakan kompetisi yang bisa dibilang menjadi tempat untuk menghabiskan senjakala karir seorang pesepakbola. Namun pasca kehadiran Cristiano Ronaldo, geliat sepakbola tertinggi di Arab tak lagi sama.

Sejak beberapa tahun terakhir, kompetisi Saudi Pro League banyak mendatangkan berbagai pemain kenamaan dari Eropa macam Sebastian Giovinco, Bafamendi Gomis, Luis Gustavo, Luciano Vietto hingga Odion Ighalo pernah dan masih bermain di sana. Bahkan jika mau menarik garis lebih ke belakang, pemain top lain pernah mentas.

Nama-nama macam Marko Marin, Angelos Charisteas, Roberto Donadoni, Lee Chun-soo hingga Sulley Muntari pernah bermain di sana. Ada garis besar yang bisa ditarik yakni pemain yang mayoritas disebut kadarnya hanya merupakan pemain kelas dua dan tak ada sosok yang benar-benar seorang superstar.

Namun semua menjadi berbeda pasca Cristiano Ronaldo merapat ke Al-Nassr pada Januari 2023 kemarin. Pasca kontraknya diputus dari Manchester United, ia merapat ke salah satu raksasa Liga Arab Saudi tersebut. mendatangkan Ronaldo jelas menguras kocek dari Al-Nassr untuk mengakomodir kehadirannya mulai dari gaji besar, fasilitas dan berbagai aspek lain.


Baca Juga:


Untuk gaji, the Faris Najd harus merogoh kocek hingga 200 juta Euro per musim atau setara dengan Rp 3,3 Triliun. Angka tersebut belum termasuk berbagai fasilitas seperti beberapa mobil mewah, rumah megah di Riyadh, kolam renang, supermarket hingga tiga restoran pribadi untuknya!

Dampak besar kedatangnanya membuat kompetisi di Arab Saudi mulai menjadi headline di kanal-kanal digital maupun media Eropa. Ronaldo seakan menjadi magnet khusus bagi kompetisi tersebut. Berbagai rumor dan pemberitaan lain pun berjalan beringingan selaras dengan kehadirannya di negara teluk. Fantasi dari Ronaldo memang kelewat besar dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Sempat muncul kabar jika salah satu kontestan Saudi Pro League, Al-Hilal ingin membawa Lionel Messi dan menciptakan mini classico di negara teluk untuk kali terakhir. Tak tanggung-tanggung, Messi sempat ditawari bayaran 400 juta Euro per musim dari klub. Angka tersebut jelas belum termasuk berbagai fasilitas yang kelak ia dapatkan.

Meski hampir pasti gagal mendapatkan Messi, Liga Arab masih belum berhenti. Kabar terbaru menyebutkan jika beberapa nama besar seperti Karim Benzema dan N’Golo Kante sudah berlabuh ke Al-Ittihad yang musim lalu menjadi kampiun di sana. Dua nama tersebut jelas sepadan jika dikaitkan dengan Ronaldo lantaran keduanya memiliki reputasi besar.


Baca Juga:


Tak berhenti sampai di situ, belakangan muncul kabar jika Al-Ahli segera terbang ke London guna menemui Riyad Mahrez untuk merayunya merapat ke Arab Saudi. Mereka siap memberikan gaji 30 juta Euro andai pemain asal Alzajair itu merapat ke Arab di musim depan.

Geliat transfer nampak belum akan berhenti sampai di situ lantaran bursa baru saja dibuka. Mentas di Arab Saudi, dengan bayaran menggoda, pajak yang rendah, cuaca yang lumayan bersahabat bisa membuat para pemain menikmati sisa kejayaannya sebagai pemain dengan pundi penghasilan yang fantastis.

Terlebih, kompetisi sepakbola di Saudi memungkinkan sebuah tim memiliki 8 pemain asing dalam skuatnya. Hal tersebut membuat fantasi yang awalnya dicipratkan oleh Ronaldo bisa terus berjalan setidaknya sampai jendela transfer musim ini selesai. Rasanya, hanya tinggal tunggu waktu nama besar yang bakal merapat ke sana terealisasi dalam waktu dekat ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com