Analisa Vigo: Olympique Lyon, Tim Terbaik Prancis yang Sedang Sekarat Akibat Janji Manis
Sumber: Twitter @OL_English

Analisa Vigo: Olympique Lyon, Tim Terbaik Prancis yang Sedang Sekarat Akibat Janji Manis

Muhammad Ilham - November 28, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Tidak bisa dipungkiri, Olympique Lyon (OL) adalah salah satu tim terbaik di Prancis, Eropa, bahkan dunia. Sayangnya, itu semua telah hilang lantaran saat ini mereka sedang sekarat di dasar klasemen akibat janji manis.

Dari sekian banyak negara di Eropa, Prancis menjadi salah satu yang terbaik dalam hal sepakbola. Mereka memiliki Timnas yang hebat, pemain yang ternama, liga yang kompetitif, dan tentunya tim bagus.

Paris Saint-Germain (PSG), OGC Nice, LOSC Lille, Olympique Marseille (OM), dan AS Monaco menjadi salah satu tim ternama di Eropa. Sayangnya, baru Marseille saja yang meraih Liga Champions dan itu pada musim 1992/93.

Namun, ada satu tim yang terkenal sebagai pencetak talenta-talenta terbaik di Eropa, dan itu adalah Olympique Lyon (OL). Lyon adalah sebuah klub yang berlokasi di kota Lyon, regional Auvergne-Rhone-Alpes dan lahir pada 3 Agustus 1950.

Lyon memiliki sejarah yang cukup apik di Ligue 1 di mana mereka sudah mengoleksi tujuh gelar dan itu semua diraih dalam tujuh musim berturut-turut (2001/02 hingga 2007/08). Selain itu, mereka juga terkenal memproduksi talenta-talenta hebat seperti Karim Benzema, Florent Malouda, Hugo Lloris, Juninho Pernambucano, dan Alexander Lacazette.


Baca Juga:


Sayangnya, dalam 10 tahun terakhir, klasemen akhir Lyon perlahan memburuk. Mereka sempat mencicipi runner-up di bawah asuhan Hubert Fournier (2014/15) dan Bruno Genesio (2015/16).

Setelah itu, mereka sulit untuk duduk di runner-up atau bahkan memperebutkan gelar. Penurunan performa terjadi di musim 2021/22 saat dilatih oleh Peter Bosz, di mana Lyon hanya mampu duduk di peringkat ke-8 klasemen akhir.

Analisa Vigo: Olympique Lyon, Tim Terbaik Prancis yang Sedang Sekarat Akibat Janji Manis
Sumber: Twitter @OL_English

Berusaha untuk bangkit di bawah asuhan Laurent Blanc, Lyon malah tampil tidak mengesankan di Ligue 1 2022/23. Mereka hanya mampu duduk di peringkat ke-7 klasemen akhir dengan 62 poin hasil dari 18 kemenangan, delapan imbang, dan 12 kekalahan.