Andrea Pirlo Jadi Bukti, Pemain Top Belum Tentu Jadi Pelatih Hebat - Vivagoal.com
Andrea Pirlo Jadi Bukti, Pemain Top Belum Tentu Jadi Pelatih Hebat
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. Sumber: The Scottish Sun

Andrea Pirlo Jadi Bukti, Pemain Top Belum Tentu Jadi Pelatih Hebat

A Hendra - January 19, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga ItaliaSukses sebagai pemain bukan jaminan akan sukses sebagai seorang pelatih. Kondisi itulah yang menggambarkan karier seorang Andrea Pirlo. Semasa aktif bermain, Pirlo adalah jaminan mutu di lini tengah. Tapi, kariernya jauh berbeda saat sudah menjadi seorang pelatih.

Buat para fans Juventus, AC Milan dan timnas Italia, Andrea Pirlo tentu saja punya tempat istimewa. Pria 41 tahun itu adalah bagian penting dalam sejarah kesuksesan Juve dan Milan termasuk timnas Italia di era tahun 2000-an.

Sepanjang karier sepakbolana, Pirlo bisa memenangi enam scudetto, empat tuk Juventus dan dua buat AC Milan. Selain itu, ia juga mengoleksi dua titel Liga Champions yang kesemuanya diraih saat berkostum Rossoneri. Di level timnas, Pirlo berperan penting dalam keberhasilan Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman.

Namun karier Pirlo sebagai pelatih sejauh ini tergolong biasa-biasa saja, jika tidak disebut gagal. Saat pertama kali dipercaya menukangi Juventus di awal musim ini, Pirlo langsung mendapat tugas berat untuk mempertahankan scudetto yang sudah diraih Bianconeri selama 9 musim beruntun.

Tapi selama enam bulan bertugas, Pirlo dianggap gagal memenuhi harapan. Juventus saat ini masih duduk di peringkat kelima klasemen dengan 33 poin dari 17 pertandingan. Cristiano Ronaldo dkk bahkan sudah tertinggal 10 angka dari AC Milan di puncak klasemen.



Baca Juga:


Adapun persentase kemenangan Pirlo di Juventus di Serie A musim ini cuma 52,9 persen hasil dari 9 kemenangan, 6 imbang dan sudah dua kali kalah. Sangat jauh dibandingkan rekor kemenangan Stefano Pioli di AC Milan yang mencapai 72,2 persen, Antonio Conte di Inter dengan 66,6 persen.

Meski demikian, pelatih timnas Italia, Roberto Mancini coba melontarkan pembelaan buat Pirlo. Menurutnya wajar, seorang mantap pemain top punya awal karir yang kurang bagus sebagai pelatih. Tapi Mancini yakin, Pirlo masih akan terus berkembang.

“Juventus bisa bermain buruk sesekali, hal itu wajar terjadi di sepakbola. Memiliki masalah di awal karier itu normal, sekalipun dulunya dia seorang pemain top.” ucap Mancini seperti dilansir dari Football Italia.

“Melatih adalah hal yang berbeda dengan bermain. Dan itu masih normal, Pirlo akan membaik secara perlahan.” tegas Mancini. (FID)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com