Catatan Head To Head Zidane vs Guardiola Sama Kuat

0
131
Catatan Head To Head Zidane vs Guardiola Sama Kuat
Sumber: Twitter

Vivagoal Liga Champions – Dua pelatih top dengan prestasi mentereng di balik duel big match antara Manchester City vs Real Madrid. Jika merujuk pada head to head antara Pep Guardiola vs Zinedine Zidane, keduanya mempunyai catatan mentereng baik di domestik maupun eropa.

Duel Man City vs Real Madrid akan tersaji akhir pekan ini di Etihad Stadium dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Saat ini, City dalam posisi unggul agregat 2-1, usai menumbangkan Los Blancos di Santiago Bernabeu pada leg pertama.

Pertarungan kedua tim ini menjadi sangat dinantikan karena sekaligus jadi ajang adu kepintaran antara dua peracik taktik jempolan, yakni Pep Guardiola di kubu The Citizens dan Zidane bersama Real Madrid.

Dalam komparasi yang ditulis oleh Marca, disebutkan bahwa dari segi trofi, Zidane saat ini lebih unggul dari Pep Guardiola. Jika dirata-ratakan, pelatih asal Prancis itu selalu bisa meraup satu trofi dari 19 laga, sementara Guardiola satu trofi dari 22 laga.

“Jika fokus pada periode terbaiknya di Barcelona, maka Pep meraih satu trofi dalam setiap 18 pertandingan, unggul atas Zidane. Namun secara keseluruhan, Zidane saat ini lebih baik dari Pep dengan satu trofi per 19 laga.” tulis Marca.

Dalam perbandingan yang lebih jauh, meski sama-sama mengusung skema offensif terhadap tim besutannya, namun Guardiola lebih ultra offensif dengan membukukan rata-rata 2,5 gol per game berbanding 2,4 gol per laga Madrid yang dipimpin Zidane.

“Dalam hal persentase kemenangan dalam pertandingan, Guardiola unggul mutlak dengan 73,8 persen dari 639 laga yang sudah ditanganinya, dan hanya kalah sebanyak 74 kali. Sementara Zidane cuma bisa mengoleksi 67,14 persen kemenangan dengan 26 kali kalah dari total 210 laga.” jelas Marca.


Baca Juga:



“Soal urusan membobol gawang lawan, Guardiola juga lebih piawai dengan torehan 2,5 gol per game berbanding 2,4 gol per game milik Zidane.” sambungnya.

Berbicara prestasi di level Eropa, Zidane lebih menonjol dari Pep. Sejak dipercaya menangani Madrid tahun 2016 silam, pelatih berkepala plontos itu sudah bisa menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali. Hebatnya, ia meraih semua itu secara berturut-turut.

Sementara Guardiola, pelatih asal Spanyol itu belum pernah lagi bisa mengangkat trofi Liga Champions sejak meninggalkan Barcelona tahun 2012. Namun berbicara trofi domestik, Guardiola sangat perkasa dengan mengoleksi delapan titel Liga sementara Zidane baru dua.

“Dalam kurun waktu empat tahun di Barcelona, Guardiola hanya sekali gagal memenangkan titel LaLiga, namun secara keseluruhan ia lebih baik dari Zidane dengan mengangkat tiga trofi Bundesliga dengan Bayern dan meraih dua titel Premier League bersama Man City.” Marca menuturkan.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here