Christian Eriksen Idola dan Panutan Mikkel Damsgaard di Timnas Denmark - Vivagoal.com
Christian Eriksen Idola Dan Panutan Mikkel Damsgaard di Timnas Denmark
Christian Eriksen, Foto: dok Bolatimes

Christian Eriksen Idola dan Panutan Mikkel Damsgaard di Timnas Denmark

A Hendra - July 2, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Christian Eriksen menciptakan cerita sukses pesepakbola asal Denmark yang sukses berkarier di level internasional. Bintang muda tim Dinamit, Mikkel Damsgaard mengaku terinspirasi dari Eriksen untuk bisa mengukir kisah serupa di Piala Eropa 2020 ini.

Nama Christian Eriksen pertama kali mencuat ketika Ia membela Ajax Amsterdam pada medio 2010-2013 silam. Eriksen merupakan salah satu pemain terbaik yang merupakan hasil didik dari akademi Ajax, yang pertama kali tiba di Belanda pada tahun 2008.

Penampilan gemilangnya bersama Ajax itu membuat Tottenham rela mengeluarkan sejumlah dana untuk memboyongnya ke Kota London di tahun 2013. Bersama Tottenham lah nama Eriksen semakin bersinar dan dikenal sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Eropa.

Menurut Damsgaard yang baru berusia 20 tahun, sosok Eriksen adalah inspirasi dirinya dalam meniti karier di level internasional bersama timnas Denmark. Pasalnya, di usia yang sama dengannya, Eriksen langsung bisa membuktikan dirinya adalah pilar penting dalam permainan tim Dinamit sejak 2010 silam.

“Saya dapat mengatakan bahwa dia menginspirasiku. Eriksen adalah salah satu pemain yang paling ingin aku tiru,” ujar Damsgaard dikutip dari Football Italia.


Baca Juga:


“Saya sangat mengaguminya ketika berusia muda, dan sejak itu, selalu bermain sebagai nomor 10, seperti yang dia lakukan, jadi sulit untuk tidak mengaguminya.

“Saya mempelajari banyak detail permainannya dan bagaimana dia menemukan ruang. Aku sudah mencoba memasukkan itu dalam permainanku sejak masih kecil. Kemudian sangat gila bisa bersamanya di tim nasional dan melihat bagaimana dia berlatih.”

Kejutan yang diberikan timnas Denmark di ajang Piala Eropa 2020 ini turut mengangkat pamor Mikkel Damsgaard. Ketiadaan Christian Eriksen yang mengalami sakit jantung di awal turnamen membuat pelatih Denmark, Kasper Hjulmand harus mengubah formasi dari 4-2-3-1 menjadi 3-3-2-1.

Taktik tersebut untuk mengakomodir kemampuan Damsgaard yang bermain di belakang penyerang utama. Sejauh ini, Damsgaard sudah mengemas satu gol dan satu assist dan tercatat sebagai pemain Denmark dengan persentase umpan silang terbaik, yakni mencapai 55,7 persen. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com