Bakal Dipasang Alat Bantu Jantung, Karier Christian Eriksen Tamat? - Vivagoal.com
Soal Christian Eriksen, Inter Milan Diminta Bersabar
Sumber: Pikiran Rakyat

Bakal Dipasang Alat Bantu Jantung, Karier Christian Eriksen Tamat?

A Hendra - June 18, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A Italia – Federasi Sepakbola Denmark (DBU) menyampaikan kabar terbaru terkait kondisi dari Christian Eriksen. Gelandang Inter Milan itu nantinya bakal dipasangi alat bantu jantung di tubuhnya.

Beberapa waktu lalu, Christian Eriksen mengalami kolaps di tengah lapangan pada pertandingan Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia di Stadion Parken, Sabtu (12/6). Eriksen mengalami henti jantung, hingga harus ditolong tim medis dengan CPR (resusitasi jantung dan paru).

Setelah cukup lama mendapatkan perawatan di lapangan, Eriksen perlahan mulai sadar dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Laga Denmark vs Finlandia sendiri akhirnya dilanjutkan kembali dan berakhir dengan kemenangan Finlandia 1-0.

Untuk sekarang, kondisi Christian Eriksen dilaporkan sudah stabil namun terus menjalani perawatan intensif di rumah sakit Rigshospitalet. Paling baru, gelandang berusia 29 tahun tersebut bakal mendapatkan alat bantu jantung defibrilator kardioverter implan atau implantable cardioverter defibrillator (ICD).

ICD sendiri sangat bisa membantu penderita jantung dalam mencegah kematian mendadak akibat detak jantung abnormal yang parah. Rekomendasi pemasangan alat bantu kepada Eriksen sudah dibicarakan dengan dokter Timnas Denmark, Morten Boesen.

Eriksen sendiri telah memberikan persetujuan buat pemasangan alat bantu jantung di tubuhnya. Hal tersebut  dikonfirmasi pihak DBU, Kamis (17/6) malam waktu setempat.


Baca Juga:


“Setelah Christian melalui berbagai pemeriksaan jantung yang berbeda-beda, maka diputuskan bahwa dia harus mendapatkan ICD. Alat ini dibutuhkan setelah adanya serangan jantung akibat gangguan detak jantung,” begitu isi pernyataan resmi DBU.

“Christian telah setuju dengan solusi ini dan rencananya telah dikonfirmasi oleh spesialis-spesialis nasional dan internasional. Semua orang merekomendasikan perawatan ini.

“Kami meminta semua orang untuk memberikan Christian dan keluarganya ketenangan dan privasi dalam waktu-waktu ini.”

Dengan alat bantu jantung ini, belum diketahui dengan pasti bagaimana masa depan Eriksen di lapangan hijau. Tapi beberapa waktu lalu, Profesor Kardiologi Spesialis Olahraga London’s St George’s University, Sanjay Sharma, kecil kemungkinan Eriksen bisa bermain kembali.

“Saya tidak tahu apakah dia akan bermain sepak bola lagi. Terus terang, dia sempat ‘meninggal’ meski hanya beberapa menit hari ini. Tapi itu tetap saja ‘meninggal’ dan akankah tim medis mengizinkannya meninggal lagi, jawabannya adalah tidak,” tegas Sharma. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com