Dua Musim di Juve, De Ligt Tak Belajar Cara Bertahan yang Baik - Vivagoal.com
Dua Musim Main di Juventus, De Ligt Tak Belajar Cara Bertahan Yang Baik
Matthijs de Ligt, Foto: dok sepakbola.com

Dua Musim di Juve, De Ligt Tak Belajar Cara Bertahan yang Baik

A Hendra - June 19, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A Italia – Performa Matthijs de Ligt di Piala Eropa menuai kritikan tajam dari legenda hidup timnas Belanda, Marco Van Basten. Menurutnya, De Ligt tidak belajar bagaimana cara bertahan yang baik meski sudah bermain selama dua musim di Serie A.

Kemampuan De Ligt dalam bertahan mendapat sorotan setelah ia tampil buruk dalam laga debutnya bersama timnas Belanda di ajang Piala Eropa 2020. Bermain kontrak Austria, Jumat (18/6) lalu, De Ligt bermain terlalu dalam dan membuat pertahanan Belanda cukup terbuka.

Beruntung, sepakan keras Martin Hinteregger pada menit ke-35 masih melambung diatas gawang Marteen Stekelenburg Sementara di paruh kedua pertandingan, Belanda yang sudah unggul 0-1 pada babak pertama, nyaris kebobolan pada menit ke-71 setelah De Ligt gagal menghentikan pergerakan David Alaba.

Namun lagi-lagi Belanda beruntung karena sepakan pemain Real Madrid itu masih melebar dari gawang. Kemampuan de Ligt dalam bertahan membuat Van Basten cukup khawatir, karena hal itu bisa dijadikan sebagai titik lemah dari timnas Belanda.


Baca Juga:


Pasalnya, Van Basten menilai De Ligt tak belajar banyak dalam hal cara bertahan yang baik meski telah dua musim menimba ilmu di Italia bersama Bianconeri. Padahal sejak bermain di Ajax, De Ligt dianggap sebagai salah satu bek muda yang paling potensial di Eropa.

“De Ligt adalah bek tengah tapi dia membutuhkan lebih banyak pengalaman bermain di level tertinggi. Dia harus membuat dirinya jadi pemimpin di lini pertahanan.” ucap Van Basten seperti dilansir dari Record.

“Dia hanya terus mengejar orang, dan meninggalkan lubang besar. Padahal, dia pergi ke Italia untuk belajar bagaimana bertahan yang baik. Tapi saya pikir dia tidak belajar banyak di sana.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A Italia hanya di Vivagoal.com