Duel Gelandang Lintas Generasi Barcelona Meruncing, Siapa Lebih Baik?

0
56
Barcelona

VivagoalLa Liga – Persaingan di lini tengah Barcelona memang tak pernah mengendur. Sejak kedatangan Frankie de Jong, Sergio Busquets harus berjuang untuk tempat utama di skuat Blaugrana.

Berposisi sebagai gelandang box to box, De Jong diklaim cukup lihai dalam mengawal lini tengah tim Catalan. Sejak kedatangannya, pelatih Barca terdahulu, Ernesto Valverde bahkan tak ragu mempercayainya sebagai pemain utama. 

Selama enam bulan berkostum Blaugrana, De Jong mampu membukukan 85,9% umpan sukses per laga dengan akurasi umpan mencapai 91.1%. Selain itu, De Jong juga memiliki rasio memenangkan duel udara sebanyak 1.5 kali per laga, dan melepaskan 0.8 shot per pertandingan dengan rating 8.32 dari 24 penampilan.

“Dia (De Jong) adalah pemain muda yang penuh dengan energi. Dia bisa maju dan begitu cepat mundur untuk membantu pertahanan.

“Dia punya kemampuan organisasi yang hebat, dia mendistribusikan bola dengan baik, dan selalu bisa meredam tekanan hebat yang diberikan lawan dengan cara yang luar biasa,” kata Valverde seperti dikutip dari Sport-English beberapa waktu lalu.

Pembuktian Busquests

Mendapat kepercayaan di era Valverde, semuanya berubah saat Quique Setien membesut Blaugrana. Sejauh ini, Setien terlihat lebih percaya pada Sergio Busquets sebagai poros permainan Barca.

Dilansir Marca bagi pola permainan Setien, Busquests dinilai lebih cocok menjadi pemain utama di lini tengah. Pasalnya, saat Pep Guardiola memimpin dengan tiki-taka yang mirip dengan Setien Busquets mampu menjalankan tugasnya dengan baik. 

Dengan skema permainan menyerang yang diusung Setien, Busquets tampil prima dalam menjaga keseimbangan tim. Pesepakbola 31 tahun itu membuat 179 umpan dengan akurasi umpan sukses mencapai 92.4% di laga kontra Granada.

Baca Juga: Griezmann Jadi Pahlawan Barcelona

Whoscored mencatat di laga debut Setien, Busquets sebagai pemain paling penting. Dia didaulat jadi man of the match di laga tersebut dengan rating 8.08.  

Menarik untuk menantikan persaingan antara dua gelandang lintas generasi ini. Pasalnya De Jong dan Busquets punya kelebihan masing-masing sebagai pendulum di lini tengah.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here