Era Ronaldo-Messi Sudah Habis, Tiga Pemain Ini Layak Disebut Pemain Terbaik - Vivagoal.com
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Era Ronaldo-Messi Sudah Habis, Tiga Pemain Ini Layak Disebut Pemain Terbaik

Fachrizal Wicaksono - November 19, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Serie A – Selama kurun waktu 12 tahun terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu dianggap sebagai pesepakbola terbaik di dunia. Namun menurut legenda timnas Brasil, Rivaldo, era keduanya sudah berakhir dengan Neymar sebagai penggantinya.

Jika merujuk pada pencapaian individu, Messi dan Ronaldo sejatinya masih menunjukkan performa yang luar biasa dalam dua musim terakhir. Keduanya boleh dibilang memiliki catatan kontribusi yang begitu luar biasa dalam hal gol maupun assist untuk klubnya masing-masing.

Untuk Ronaldo, pria asal Portugal tersebut sedari musim lalu hingga saat ini masih bisa mengoleksi 44 gol dan 8 assist di semua kompetisi dari 52 penampilan. Sementara Messi bisa mencetak 37 gol dan mengkreasikan 31 assist dari 50 kali bertanding di semua ajang bersama Barcelona.

Namun jika merujuk pada pencapaian di level klub, bisa dibilang Messi dan Ronaldo sudah gagal mengangkat performa klub yang dibelanya. Di musim 2019/2020 kemarin, Ronaldo hanya bisa membantu Juve meraih satu trofi, yakni gelar juara Serie A Italia.

Sementara di musim ini, Ronaldo dan Juventus cuma bisa duduk di urutan ke-5 klasemen sementara Serie A Italia dengan torehan 13 poin, tertinggal 4 angka dari AC Milan di urutan pertama.

Adapun Messi lebih parah lagi. Barcelona harus menutup musim kemarin tanpa raihan satu gelar pun, dan saat ini, Barcelona masih harus berjuang keras naik ke papan atas klasemen La Liga setelah hanya bisa menempati posisi ke-8 dari 9 pekan berlalu.

Merujuk dari kesemuanya ini, Gonzalo Higuain yang notabene adalah rekan Messi di timnas Argentina dan merupakan mantan kompatriot Ronaldo di Juventus menilai kedua superstar lapangan hijau itu sudah tidak layak disebut yang terbaik saat sekarang ini.


Baca Juga:


Menurutnya, yang layak menyandang predikat pemain terbaik dunia sekarang adalah Robert Lewandowski yang berhasil membantu Bayern meraih treble winners musim lalu, kemudian Karim Benzema yang konsisten di Real Madrid dan penyerang muda Borussia Dortmund, Erling Haaland.

“Lewandowski, Haaland dan Benzema adalah yang terbaik buat saya sekarang. Karim sudah berada di level elit selama 12 tahun. Lewandowski mencetak gol dimana-mana. Sementara Haaland adalah pemain muda yang menjanjikan, dia penyerang hebat.” ucap Higuain saat diwawancara oleh ESPN.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com