Gagalkan ESL, Mantan Bos Madrid Puji Fans Tim Asal Inggris - Vivagoal.com
Gagalkan ESL, Mantan Petinggi Real Madrid: Fans Liga Inggris Menang Perang!
Fan Chelsea Demo ESL, Eurosport

Gagalkan ESL, Mantan Bos Madrid Puji Fans Tim Asal Inggris

Aditya Bayu - April 23, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Mantan Petinggi Real Madrid, Jorge Valdano memberikan pujian kepada fans klub Liga Inggris yang lantang menentang Liga Super Eropa (ESL) hingga akhirnya bisa membuat tim-tim Inggris mundur dari proyek tersebut.

Total 12 klub menyuarakan hal senada terkait Liga Super Eropa pada Minggu (18/4). Kompetisi tandingan Liga Champions itu dibuat untuk menyelamatkan finansial klub yang tengah bermasalah di tengah pandemi.

Namun dengan peraturan yang ada di dalamnya, ekonomi klub yang terbantu tidak akan merata. Kompetisi juga kemungkinan hanya menarik di awal karena sudah diisi 15 tim inti setiap musimnya.

Para pendukung di Inggris kemudian berang dengan keputusan klubnya yang dinilai mata duitan. Banyak dari mereka yang turun ke jalan dan menyuarakan pendapat di luar stadion saat tim kebanggaan bermain.

Valdano kemudian mengibaratkan perjuangan para fans tersebut sudah seperti peperangan. Kemenangan mereka dapat ketika enam klub mundur dan Liga Super Eropa akhirnya harus ditunda.

“Perang tidak dimenangkan oleh UEFA, itu dimenangkan oleh rakyat, rakyat Inggris. Ada perbedaan budaya yang sangat besar antara Spanyol dan Inggris untuk sepak bola,” kata Valdano dikutip dari Tribal Football.


Baca Juga:


“Saya tidak terkejut dengan jatuhnya Liga Super Eropa. Saya sudah mengatakan bahwa penggemar tidak boleh diremehkan,” tegasnya.

Valdano juga mengecam sikap dua pentolan Liga Super Eropa yakni Florentino Perez dan Andrea Agnelli. Valdano menyesalkan sikap Perez dalam sebuah acara televisi yang seolah-seolah dirinya adalah sang juru selamat.

Sementara Agnelli, menurut Valdano Ia sudah mengkhianati klub anggota ketika masih mejabat sebagai Ketua Asosisai Klub Eropa (ECA). Padahal ada total 200 klub yang berada dalam naungan ECA.

“Saya pikir Anda tidak bisa menampilkan diri Anda di ‘El Chiringuito‘ sebagai seorang mesiah yang meremehkan sepak bola itu sendiri,” lanjutnya.

“Agnelli adalah perwakilan dari 200 tim dan mengkhianati mereka. Itu tidak terlalu baik.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com