Kenang Rivalitasnya Dengan Maradona, Pele: Semoga Kami Bisa Main Bola di Surga

0
34
Kenang Rivalitasnya Dengan Maradona, Pele: Semoga Kami Bisa Main Bola di Surga
Sumber: Daily Express

Vivagoal – Serie A – Di era sekarang, perdebatan siapa yang lebih layak menyandang status G.O.A.T antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo tak kunjung ada habisnya. Hal yang sama terjadi jika menanyakan siapa yang lebih hebat antara Diego Maradona dan Pele, pastinya sangat sulit mencari jawabannya.

Messi dan Ronaldo berada pada era yang sama, namun hal itu tak juga bisa membuat perdebatan soal siapa yang lebih hebat terhenti. Masing-masing pendukung bakal mengajukan kelebihan pemain idolanya. Tapi membandingkan Maradona dan Pele sejatinya jauh lebih sulit karena datang dari generasi yang berbeda.

Pele muncul beberapa dekade lebih dulu dari Maradona. Sejak muda, ia sudah menyedot perhatian publik. Namanya bahkan sudah masuk timnas Brasil sejak usianya baru 17 tahun dan telah tampil di Piala Dunia 1958. Tak cuma pelengkap, Pele bahkan bisa menjelma jadi bintang usai mencetak enam gol sepanjang turnamen, termasuk dua gol di laga final.

Hebatnya lagi, Pele bisa meneruskan dominasinya dengan membawa Brazil menjuarai Piala Dunia keduanya di tahun 1962 dan Piala dunia ketiganya tahun 1970. Lalu kenapa Pele dibandingkan dengan Maradona yang bukan pemain segenerasi dengannya.

Jawabannya tentu karena pemain segenerasi Pele tidak ada yang benar-benar berada di level yang sama dengan Pele. Sementara Maradona, kemunculannya mirip dengan Pele. Dia sudah dipuja banyak orang saat usianya masih sangat muda. Kariernya pun mulai banyak disorot sejak ia belia.

Maradona muncul beberapa tahun setelah Pele pensiun dan ketika orang-orang mulai ramai membicarakan siapa yang pantas menggantikan Pele sebagai raja sepakbola. Maradona sendiri menyihir dunia lewat aksi-aksinya di Piala Dunia 1986. Gol ‘Tangan Tuhan’ dan gol solo-run dari jarak 60 meter ke gawang Inggris terus diperbincangkan banyak orang hingga saat ini.

Setelah Maradona pensiun pada tahun 1997, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mulai muncul beberapa tahun setelahnya. Tapi karena keduanya belum pernah memenangkan Piala Dunia, maka perdebatan soal siapa yang terbaik sepanjang masa hanya berputar pada sosok Pele dan Maradona.

Pele sendiri tak merasa ada rivalitas besar dirinya dengan Maradona. Ia juga menyebut Maradona adalah kawan dekatnya, dan ketika si legenda Argentina itu berpulang pada Rabu (25/11/2020) malam WIB, Pele pun berharap bisa bermain bersama Maradona di Surga kelak.


Baca Juga:


“Sungguh kabar yang sangat menyedihkan. Saya kehilangan seorang kawan yang hebat dan dunia kehilangan seorang legenda.” cuit Pele di akun Twitter pribadinya seperti dilansir dari Marca.

“Masih ada banyak yang dapat dikatakan, tapi untuk saat ini, semoga Tuhan memberikan kekuatan kepada para anggota keluarganya, dan suatu hari nanti, saya harap dapat bermain bola bersama-sama dengan Maradona di Surga,” cetusnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here