Ketum PSSI: Pemain Indonesia Harus Lebih Banyak Main ke Luar - Vivagoal.com
Ketum PSSI: Pemain Indonesia Harus Lebih Banyak Main ke Luar
Sumber: Bola Nusantara

Ketum PSSI: Pemain Indonesia Harus Lebih Banyak Main ke Luar

Zikri Adillah - November 17, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Sepakbola Indonesia menanggung akibat harus repot mencari pemain keturunan karena kurangnya anggota skuad timnas yang bisa bermain di luar negeri. Dari segi kekuatan pemain, Indonesia saat ini tak kunjung bisa bersaing di level Asia bahkan di ajang sekelas Asia Tenggara.

Menurut Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, kemampuan pemain Indonesia jadi kurang terasah karena hanya bermain di liga lokal. Bila dibandingkan dengan pemain asal Jepang dan Korea Selatan, jelas Indonesia kalah jauh.

Para pemain Jepang dan Korea Selatan dalam dua dekade terakhir telah tersebar di banyak klub top Eropa. Dimulai di era Hidetoshi Nakata yang berhasil menembus ketatnya Serie A Italia dengan bermain bersama Perugia musim panas 1998/99.

Berturut-turut, kemudian ada Park-Ji Sung, Keisuke Honda, Shinji Kagawa, Shinji Ono hingga era Takefusa Kubo yang sukses berkarier di benua biru. Iwan Bule pun mengaku dirinya akan sangat bangga jika banyak pesepakbola Indonesia mengikuti jejak para pemain Jepang dan Korea bisa menjalani karier di luar negeri.


Baca Juga: 


“Kami bangga bila pemain bisa berkarier di luar negeri. Saya pribadi mendorong hal itu agar mereka bisa berkiprah di sana selayaknya para pemain Jepang dan Korea Selatan yang bermain di luar negaranya, ” tegas Iriawan dilansir dari Goal Indonesia.

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com