Kolaps di Tengah Lapangan, Eriksen Sempat 'Pergi' Karena Alami Henti Jantung - Vivagoal.com
Usai Kolaps Di Tengah Lapangan, Eriksen Divonis Tak Bisa Main Sepakbola Lagi
Christian Eriksen, Foto: dok Pikiran-rakyat

Kolaps di Tengah Lapangan, Eriksen Sempat ‘Pergi’ Karena Alami Henti Jantung

A Hendra - June 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Dokter Timnas Denmark, Morten Boesen, membeberkan situasi Christian Eriksen saat kolaps di laga kontra Finlandia. Boesen mengungkapkan Eriksen sempat ‘lewat’ karena mengalami henti jantung.

Christian Eriksen tiba-tiba tersungkur tak sadarkan diri di menit-menit akhir babak pertama pertandingan Denmark vs Finlandia yang berlangsung di Parken Stadium, Sabtu (12/6) malam WIB. Gelandang Inter Milan tersebut langsung ditangani oleh tim medis di atas lapangan.

Eriksen mendapatkan pertolongan CPR (resusitasi jantung dan paru) sebelum ditandu keluar lapangan dan dilarikan ke Rigshospitalet, salah satu rumah sakit top di Denmark, yang jaraknya tidak jauh dari stadion.

Menurut Boesen, Eriksen sedianya sudah sempat ‘meninggal’ namun beruntung cepatnya pertolongan yang diberikan tim medis bisa membuat Eriksen kembali siuman.

“Dia sempat ‘pergi’ dan kami melakukan resusitasi jantung. Dia mengalami henti jantung,” ujar Morten Boesen seperti dilansir dari ESPN.


Baca Juga:


“Seberapa dekat kami kehilangan Eriksen? Saya tidak tahu. Kami cuma beruntung mendapatkan dia kembali setelah satu defiblrilasi, jadi itu cukup cepat untuk pasien henti jantung.

“Namun saya bukan ahli kardiologi, jadi detailnya saya akan serahkan kepada ahlinya di rumah sakit,” pungkas Boesen.

Morten Boesen menyebut hasil pemeriksaan Christian Eriksen sejauh ini bagus. Meski demikian, Boesen belum bisa menjelaskan penyebab gelandang berusia 29 tahun itu mengalami henti jantung.

“Kami tidak punya penjelasan kenapa itu terjadi. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Saya tidak melihatnya secara langsung, saya melihatnya di layar ketika itu terjadi, sama seperti Anda. Tidak ada penjelasan sejauh ini,” katanya.

Christian Eriksen sendiri saat ini dikabarkan dalam kondisi stabil di rumah sakit dan sudah berkomunikasi dengan rekan-rekannya lewat panggilan video.

Di sisi lain, kejadian tersebut membuat Denmark pada akhirnya kalah 0-1 dari Finlandia. Kasper Schmeichel dkk selanjutnya akan menghadapi Belgia di laga kedua Grup B Piala Eropa 2020 pada Kamis (17/6) malam WIB.

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com