Lantaran Pemalsuan Keuangan, Juventus Bisa Terdegradasi ke Serie B - Vivagoal.com
Lantaran Pemalsuan Keuangan, Juventus Bisa Terdegradasi ke Serie B
Juventus, Foto: dok Kompas

Lantaran Pemalsuan Keuangan, Juventus Bisa Terdegradasi ke Serie B

Heri Susanto - November 30, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalSerie A – Juventus dilaporkan tengah terbelit masalah pemalsuan laporan keuangan. Andai nantinya mereka dinyatakan bersalah, Bianconerri bisa saja didegradasi ke Serie B dan gelar juara mereka dicabut!

Saat ini, pihak berwajib Fuardia di Finanzia, otoritas yang khusus menangani kejahatan keuagan di Italia, tengah memeriksa berbagai sosok penting di Juventus macam Presiden Andrea Agnelli, Wakil Presiden Pavel Nedved, hingga eks Direkur Olahraga Fabio Paratici yang kini bekerja untuk Tottenham Hotspur. Selain itu, beberapa nama dari divisi komersial juga turut diperikas.

Pekan lalu, kantor Juventus sudah didatangi pihak terkait guna mendapatkan informasi dan mengambil dokumen penting dalam rentang waktu 2018-2021 kemarin guna kepentingan penyelidikan.

Jaksa Penuntut Umum Kota Turin resmi membuka kasus ini setelah CONSOB (badan pemerintah Italia yang mengawasi pasar sekuritas) melakukan pemeriksaan pada klub di Bulan Juli lalu dan COVISOC (badan pengawas klub-klub sepakbola di Italia) juga memberikan laporan yang ditinjau oleh Jaksa Federal.

COVISOC menilai jika ada sejumlahh kasus yang dinilai mencurigakan. Salah satunya pertukaran transfer yang melibatkan Miralen Pjanic dengan Arthur pada 2020 lalu. Tak hanya itu, pergerakan keuangan Juventus juga tengah dicari tahu.


Baca Juga:


Andai nantinya dinyatakan bersalah, presiden CODACONS, Lembaga perlindungan konsumen di Italia mengklaim jika gelar juara Juventus dalam periode 2018-2021 bisa dicopot. Mereka juga sudah merincikan keterangan terkait kasus yang menerpa si Nyonya Tua.

“Tuduhan itu sangat serius dan menyoroti kejuaraan sepakbola terakhir, juga karena ada dominasi nyata Juventus dalam beberapa tahun terakhir, yang berakhir pada tahun lalu,” kata Marco Donzelli, yang dikutip dari Football Italia.

“Jika Juventus secara tidak sah memperoleh keuntungan atas klub saingan dengan operasi semacam ini, maka keberhasilan dalam kejuaraan itu akan dibatalkan dan, sebagai akibatnya, Federasi dan Otoritas persaingan pasar harus campur tangan dan memberi sanksi kepada mereka untuk bertanggung jawab.”

“Di luar tanggung jawab individu, klub tidak akan dibebaskan dari hukuman. Untuk alasan ini dan untuk melindungi ribuan penggemar, kami akan mengajukan keluhan kepada Antitrust dan Kantor Kejaksaan Federal yang meminta degradasi ke Serie B untuk Juventus dan pencabutan gelar liga terakhir yang dimenangkan di bawah bayang-bayang operasi yang berpotensi ilegal ini,” tegasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com