Melihat Dua Kemungkinan Liverpool Boyong Thiago Alcantara ke Anfield - Vivagoal.com
Melihat Dua Kemungkinan Liverpool Boyong Thiago Alcantara ke Anfield
Sumber: This Is Anfield

Melihat Dua Kemungkinan Liverpool Boyong Thiago Alcantara ke Anfield

Fido Moniaga - July 7, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Inggris – Beberapa pekan terakhir muncul isu yang menyebut Liverpool bergerak untuk Thiago Alcantara. Namun ada dua kemungkinan menarik dalam saga transfer satu ini.

Liverpool dikabarkan ingin menambah kreatifitas lini tengah yang hilang pasca kepergian Philippe Coutinho. Pos tersebut memang digantikan dengan baik dengan tiga gelandang sentral. Namun belakangan permainan tim jelas mudah dipatahkan karena minimnya kreativitas.

Namun FourFourTwo merumuskan dua sisi dari gosip transfer ini. Transfer Thiago mungkin masuk akal dan juga mungkin tidak masuk akal.

Transfer Thiago tidak masuk akal jika melihat dari kriteria usia pemain idaman Jurgen Klopp. Sebagaimana diketahui pelatih asal Jerman itu tak cukup suka dengan pemain tua seperti Thiago yang sudah berusia 29 tahun.

Satu-satunya pemain outfield di atas 26 tahun yang pernah didatangkan Klopp adalah Ragnar Klavan. Oleh karena itu mendatangkan Thiago bisa jadi pengecualian, sebuah kasus spesial.

Alasan lain tidak memungkinnya transfer Thiago adalah finansial. Bayern disebut memasang banderol 30 juta pounds, angka yang terlalu mahal untuk pemain yang akan habis kontrak musim depan. Selain itu ruang ganti Liverpool bisa tidak kondusif mengingat Thiago disebut menuntut gaji hingga 200 ribu pounds. 

Nominal diatas akan berbanding terbalik dengan pergerakan Liverpool terhadap Timo Werner. The Reds kala itu kesulitan menebus klausul serta beban gaji untuk striker yang akhirnya berlabuh ke Chelsea tersebut.

Alasan utama tidak masuk akalnya transfer Thiago adalah Liverpool sudah punya segudang pemain gelandang. Sebut saja Jordan Henderson, Fabinho, Gini Wijnaldum, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, James Milner, dan Curtis Jones.

Melihat komposisi yang begitu menumpuk, kecil kemungkinan Klopp akan menjadikan pembelian gelandang sebagai prioritas, kecuali ia melepas beberapa nama di atas.

Namun demikian Liverpool masih memiliki beberapa alasan untuk mewujudkan transfer Thiago. Pertama, sudah cukup bukti bahwa Thiago merupakan gelandang top dan masih lebih baik daripada, katakanlah, Wijnaldum.

Pemain asal Spanyol itu bisa menciptakan peluang lebih banyak, menciptakan umpan kunci lebih banyak. Bahkan dalam tiga musim terakhir, ketika Wijnaldum hanya bisa membuat 5 assists, Thiago unggul jauh dengan 14 assists, meski tampil 29 pertandingan lebih sedikit.

Alasan lain adalah ketertarikan Klopp kepada Thiago. Sudah menjadi rahasia umum jika pelatih asal Jerman itu beberapa kali mengungkapkan kekagumannya kepada eks pemain Barcelona satu ini.


Baca Juga:



Sebut saja pada transfer Naby Keita pada tahun 2017 lalu, dia pernah memuji: “Tahun lalu, bersama Thiago Alcantara, yang main luar biasa untuk Bayern, dia [Keita] main gemilang.”

“Selama masa-masa saya di Jerman, saya mengagumi Thiago Alcantara.”

Pujian kembali terlontar ketika The Reds bermain imbang 0-0 dengan Bayern di Anfield pada Liga Champions musim lalu. “Thiago adalah pesepak bola kelas dunia. Dia memainkan peran deep-lying playmaker dengan sangat baik.”

Thiago juga tak menutup mata akan kekagumannya dengan sepakbola Inggris. Ia bahkan mengaku sangat menikmati sepakbola di sana.

“Saya suka menonton sepak bola Inggris. Liga itulah yang sangat saya nikmati.”

“Lihat saja lini tengah Liverpool: Henderson, Milner, Chamberlain, mereka menekan lawan seperti binatang di Liga Champions. Mereka mendominasi lini tengah. Mereka fantastis.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com