Mengenang Kembali Gol Terbaik Abad 20 Milik Maradona

0
125
Mengenang Kembali Gol Terbaik Abad 20 Milik Maradona
Sumber: CBS Sports

Vivagoal Berita Bola – Legenda sepakbola Diego Armando Maradona dikabarkan meninggal dunia pada usia 60 tahun tepat pada hari Rabu (25/11) malam WIB. Menurut laporan dari media setempat, Clarin Diario Ole yang dikutip dari Football Italia, penyebab kematian si pemilik ‘Gol Tangan Tuhan’ tersebut karena serangan jantung.

Dua pekan lalu, Maradona juga sempat dilarikan ke rumah sakit di kota La Plata, Argentina karena menjalani operasi untuk menghilangkan gumpalan darah dari otaknya setelah terjatuh.

Maradona adalah legenda, dia boleh dibilang salah satu pemain sepakbola terhebat sepanjang masa. Di luar lapangan, ia dikenal punya perilaku kontroversial termasuk kecanduannya terhadap narkoba dan alkohol.

Namun Maradona sudah membuat catatan sejarahnya tersendiri, termasuk ada dua hal yang bakal selalu diingat soal sosoknya. Pertama adalah gol ‘Tangan Tuhan’ dan kedua, gol Solo run-nya ke gawang timnas Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986.

Pada 22 Juni 1986, Maradona berhasil memukau sekaligus mempecundangi dunia dengan kelicikan dan keindahan permainan sepak bolanya yang tiada banding. Maradona seakan membuat Inggris tak akan pernah melupakan namanya. Hanya dalam tempo kurang dari lima menit, tepatnya di menit ke-51 dan 55, Maradona membuat dua gol dengan cara menakjubkan. Gol pertama dengan tangannya, gol kedua dengan kakinya melalui sebuah aksi solo-run.

Dua gol itu membuat Argentina melaju ke Semifinal, dan di semifinal, Argentina menghempaskan juara Eropa 1984, Prancis, lagi-lagi berkat Maradona yang mencetak dua gol. Di final, Maradona kembali mematikan. Umpan briliannya di menit ke-83 berhasil dikonversi menjadi gol oleh Burruchaga. Sekaligus menjadi gol kunci kemenangan Argentina dengan skor 3-2.

Tapi, orang sepertinya lebih ingat apa yang dilakukan Maradona di babak perempatfinal ketimbang di semifinal dan final. Gol dengan tangan di menit ke-51 dan gol solo run di menit ke-55 membuat Maradona diklaim sebagai pemain terbaik sepanjang masa.

Khusus untuk gol yang kedua, apa yang membuat gol kedua Maradona ke gawang Inggris dinobatkan sebagai gol terbaik abad 20. Tak lain tak bukan karena proses terjadinya gol itu sendiri. Maradona setidaknya dua kali melakukan sebuah gerakan sulit ketika melewati lima pemain sendirian. Ia membawa bola sejauh 60 meter dan semuanya berlangsung hanya dalam tempo 10 detik.


Baca Juga:


Sebenarnya, bukan cuma Maradona yang pernah bikin gol solo-run dengan melewati beberapa pemain. George Weah pernah melakukan bahkan dengan jarak yang lebih jauh, nyaris 80 meter saat memperkuat AC Milan melawan Verona musim 1995/1996. Lionel Messi juga pernah melakukannya saat menghadapi Getafe di semifinal Copa Del Rey 2008. Detailnya bahkan hampir sama dengan Maradona.

Diklaim yang membuatnya spesial adalah karena Maradona membuatnya di ajang sekelas Piala Dunia yang sudah pasti maknanya jauh berbeda dengan gol yang dibuat kompetisi reguler.

Selalu update Berita Bola terbaru hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here