Mitos Barca vs Munchen: Yang Menang, Yang Juara

0
3781
Mitos Barca vs Munchen: Yang Menang, Yang Juara
Sumber: Barca Live / @MhammdAsrizal

Vivagoal – Liga Champions Raksasa Spanyol, Barcelona akan menghadapi Bayern Munchen di babak perempatfinal Liga Champions musim ini. Hal itu merujuk pada hasil yang didapat kedua tim di fase 16 besar. Barca sukses menyingkirkan Napoli dan Bayern melewati hadangan Chelsea.

Pertemuan kedua kandidat juara ini sangat menarik untuk dinantikan. Sebab, The Bavarian dan Blaugrana tercatat sudah beberapa kali saling bunuh saat berjumpa di fase gugur Liga Champions. Menariknya, tim manapun yang berhasil meraih kemenangan dari derby ini selalu berhasil menyabet juara Liga Champions di musim yang sama. 

Hal tersebut merujuk pada beberapa laga antara Bayern dan Barcelona yang sudah pernah terjadi pada musim 2008/09, 2012/13 dan 2014/15.

Pada musim 2008/09, Bayern dan Barcelona berhadapan di babak delapan besar. Barcelona yang jadi tuan rumah di leg pertama menyikat Bayern dengan skor mencolok 4-0. Lalu di leg kedua, Barca sukses mengimbangi Bayern di Allianz Arena. Setelahnya, langkah Lionel Messi dan koleganya mulus hingga ke partai final.

Di laga pamungkas, Barca yang saat itu ditangani Pep Guardiola mampu menumbangkan wakil Inggris, Manchester United dengan skor 2-0. Pada Liga Champions musim 2012/13, Bayern dan Barca kembali bertemu. Tapi kali ini mereka saling bunuh di babak semifinal.

Bayern yang kala itu dibesut oleh Jupp Heynckes berhasil membalas dendam atas tim Catalan. Tak tanggung-tanggung, Neuer dan kolega menggulung Blaugrana dengan keunggulan agregat 7-0. Bayern pun keluar sebagai juara, usai habisi Borussia Dortmund 2-1 dalam partai final.


Baca Juga:


Laga serupa kembali terjadi di musim 2014/15. Untuk laga yang ketiga ini, Barcelona yang menang atas Bayern setelah keduanya bersua di babak semifinal. Menang 3-0 di leg pertama, Jordi Alba dkk lolos ke final meski kalah 2-3 di Allianz Arena. Mitos yang sama kembali terulang dengan Barca bisa jadi juara di musim itu.

Namun untuk laga perempat final tahun ini, format pertandingan dipastikan sangat berbeda dengan sebelumnya. UEFA sudah memutuskan untuk babak perempat final hingga final hanya akan dilangsungkan dalam format single match. Otomatis, baik Bayern dan Barca harus tampil habis-habisan untuk lolos ke babak selanjutnya dan meneruskan mitos keluar sebagai juara di akhir musim.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here