Obrolan Vigo: FC Union Berlin, Merajut Asa Tampil di Liga Champions - Vivagoal.com
Obrolan Vigo: FC Union Berlin, Merajut Asa Tampil di Liga Champions

Obrolan Vigo: FC Union Berlin, Merajut Asa Tampil di Liga Champions

Muhammad Ilham - March 9, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBerita BolaFC Union Berlin baru saja melakukan debutnya di Bundesliga pada 2019 yang lalu. Namun, kali ini, mereka sedang merajut asa untuk mimpi yang lebih tinggi dari sekadar bertahan di Bundesliga, yakni Liga Champions.

Jika kita berbicara mengenai sepakbola di ibukota Jerman, yakni Berlin, maka pikiran kita akan terlintas kepada 1 tim saja yaitu Hertha Berlin. Bagaimana tidak, Hertha Berlin menjadi satu-satunya tim ibukota yang sukses meraih gelar Bundesliga, tepatnya pada musim 1929/30 dan 1930/31.

Akan tetapi, itu semua berubah dalam 2 musim terakhir perhelatan Bundesliga. Terdapat 1 tim yang mengejutkan banyak pihak, bahkan menjadi penantang gelar di Bundesliga 2022/23, yakni FC Union Berlin.

Union Berlin adalah salah satu tim yang berada di Berlin, tepatnya di Köpenick. Mereka adalah tim yang lebih sering bermain di kasta ketiga atau kedua dari sepakbola Jerman.

Namun, pada 2019, mereka berhasil mengamankan 1 tiket ke Bundesliga usai mengalahkan peringkat ke-16 Bundesliga, VfB Stuttgart, dalam ajang play-off. Itu menjadi prestasi yang besar bagi mereka karena untuk pertama kalinya pentas di kasta tertinggi sepakbola Jerman.

Banyak orang yang mengira jika mereka akan menjadi ‘peramai’ liga saja pada musim 2020/21. Akan tetapi, Union Berlin menjadi salah satu tim yang ‘mengerikan’. Mereka bahkan berhasil mengamankan 1 tempat di UEFA Conference League di musim tersebut.

Prestasi Union Berlin semakin tinggi di Bundesliga 2021/22. Tim berjuluk die Eisernen ini berhasil duduk di peringkat ke-5 Bundesliga 2021/22 dan mengamankan tiket ke Liga Eropa 2022/23.


Baca Juga:


Tidak berhenti di situ, di musim 2022/23, Union Berlin menunjukkan taringnya. Di bawah tangan Urs Fischer, tim yang bermarkas di Stadion An der Alten Forsterei ini sempat duduk di puncak klasemen Bundesliga 2022/23 selama beberapa pekan, sebelum akhirnya digeser oleh Bayern Munich.

Hingga spieltag ke-23, Union Berlin masih bertengger di peringkat ke-3 klasemen sementara Bundesliga 2022/23 dengan 44 poin, selisih 5 poin dari Borussia Dortmund di runner-up dan Bayern Munich di puncak klasemen. Mereka juga sukses menghancurkan wakil Belanda, Ajax Amsterdam, di babak knock-out Liga Eropa dan mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Obrolan Vigo: FC Union Berlin, Merajut Asa Tampil di Liga Champions
Sumber: DW

Prestasi demi prestasi yang terus didapatkan oleh Union Berlin bukan sembarangan. Mereka tidak melakukan pembelian yang mahal seperti halnya Newcastle United atau Chelsea FC, mereka hanya menggunakan pemain-pemain milik mereka sendiria atau bekas tim lain.

Namun, dengan hasil yang mereka torehkan di musim ini, tidak menutup kemungkinan jika Union Berlin bisa tampil di kancah tertinggi sepakbola Eropa, yakni Liga Champions. Tetapi, hal tersebut bisa terjadi jika Urs Fischer bisa membawa timnya meraih konsistensi hingga akhir musim.

Union Berlin menjadi bukti bahwa tim yang kuat tidak perlu uang yang banyak. Mereka hanya perlu menjadi sebuah ‘tim’ yang solid, serta pendukung yang selalu berada di belakang mereka.

Und niemals vergessen… Eisern Union!

Selalu update berita bola terbaru seputar sepakbola dunia hanya di Vivagoal.com