Obrolan Vigo: Kemilau Pelé di Piala Dunia 1958 - Vivagoal.com
Pele

Obrolan Vigo: Kemilau Pelé di Piala Dunia 1958

Irman Maulana - October 23, 2019
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita BolaDi tahun 1958, Brazil bersiap untuk menghadapi Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia. Diantara skuat mereka kala itu terdapat seorang remaja berkulit hitam denga usia yang sangat muda 17 tahun.

Di awal turnamen para penikmat sepakbola kala itu mengenalnya dengan nama Edson Arantes Do Nascimento, tetapi saat gelaran Piala Dunia berakhir, mereka mengenalnya dengan nama Pelé. Salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa asal Brazil.

Baca Juga: Vivagoal Bagi-Bagi Jersey, Gratis!

Pada proses persiapannya, Brazil menggunakan segala macam cara untuk sukses di Swedia. Mereka menggunakan seorang psikolog untuk menilai serta menguji kesiapan mental para pemain di sebuah pemusatan pelatihan.

Sebagai remaja yang sangat muda, Pelé dinilai tidak menampilkan performa maksimal. Ia dianggap masih terlalu kekanak-kanakan dan tidak memiliki rasa tanggung jawab pada tim.

Kiprah Pele

Pelé tiba di Swedia dengan kondisi baru pulih dari cedera lutut dan diprediksi tak akan ambil bagian dalam pertandingan meski mengikuti proses latihan. Setelah mengalahkan Austria dengan skor 3-0 di laga perdana, mereka harus puas bermain imbang 0-0 dengan Inggris di partai kedua.

Mereka membutuhkan kemenangan agar bisa lolos ke babak selanjutnya. Lawan terakhir mereka ialah Uni Soviet, sementara Pelé masih belum mendapat kesempatan. Brazil pun lolos dengan status juara grup setelah mengalahkan Uni Soviet dengan skor 2-0.