Obrolan Vigo: Selebritis Indonesia Punya Tim Sepakbola, Buat Apa? - Vivagoal.com
Obrolan Vigo: Selebritis Indonesia Punya Tim Sepakbola, Buat Apa?

Obrolan Vigo: Selebritis Indonesia Punya Tim Sepakbola, Buat Apa?

Heri Susanto - October 13, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola  – Dalam beberapa waktu belakangan, banyak selebritis nasional mengakuisisi tim-tim Liga 2. Kehadiran mereka seakan memberikan angin segar bagi pesepakbolaan. Namun pertanyaan besar menyeruak, buat apa mereka terjun ke dunia sepakbola?

Bicara soal selebritis yang membeli tim sepakbola di luar Negeri bukanlah hal asing. Berbagai pesohor dunia pernah melakukannya. Elton John, biduan kenamaan Inggris pernah menjadi pemilik Watford. Namun kehadiran Elton sebagai pemilik merupakan sebuah jalan panjang. Pelantun Crocodile Rock itu merupakan fans the Hornets sejak lama.

“Watford adalah bagian besar dalam hidup saya. Mereka adalah darah saya dan jiwa saya. Watford seakan menyelamatkan hidup saya,” ungkap Elton kepada the Mirror pada 2019 lalu. Bersama Elton, Watford yang dibeli pada pertengahan 70an sukses menyeruak ke divisi utama dan melaju ke final Piala FA. Elton pun diagung-agungkan fans berkat serangkaian kebijakan yang ia lakukan bersama klub.

Ia sempat memimpin klub dalam dua periode. Elton pernah mengadakan konser amal di Vicarage Road, markas Watford. Seluruh keuntungan konser langsung dialokasikan ke klub. Pada 2014, Watford meresmikan tribun “Sir Elton John Stand” sebagai tribut bagi dirinya dan menganugerahi gelar presiden kehormatan klub.

Selain Elton, beberapa nama beken juga tercatat sebagai pemilik sebuah tim sepakbola. Aktris Amerika Serika,t Mindy Kaling memiliki saham mayoritas di Swansea City. Sementara bintang La Lakers, LeBron James memiliki saham minoritas di Liverpool.


Baca Juga:


Sepasang aktor kenamaan Hollywood, Rob McElhenney dan Ryan Reynold yang mendirikan firma RR McReynolds Company LLC tak segan menginvestasikan dana sebesar dua juta paun kepada tim tier bawah Inggris, Wrexham. Mereka berharap the Red Dragon bisa bemrain di kasta atas sepakbola Inggris.  Saat ini, Wrexham ada di divisi 8 piramida sepakbola Inggris.

“Tujuan kami berada di sini untuk membangun tim dan mengembalikan tim ke divisi atas. Kami juga ingin membuat peningkatan positif di stadion guna memperlebar fans,” ungkap mereka seperti diwartakan Goal International.

Memiliki klub sepakbola adalah strategi marketing yang menguntungkan untuk meningkatkan popularitas dan membuat orang lebih mengenal siapa pemilik tim. Tak percaya? Sebelum mengakuisisi Manchester City, orang mungkin hanya tahu jika Sheikh Mansour hanya orang timur tengah yang kaya. Pun demikian yang terjadi dengan Roman Abramovic yang dianggap sebagai orang Rusia yang kaya raya. Status mereka pun jadi lebih banyak dikenal pasca mengakuisisi Manchester City dan Chelsea.