Obrolan Vigo: Zinedine Zidane yang Menjadi Mitos di Real Madrid - Vivagoal.com
Obrolan Vigo: Zinedine Zidane yang Menjadi Mitos di Real Madrid

Obrolan Vigo: Zinedine Zidane yang Menjadi Mitos di Real Madrid

Heri Susanto - June 23, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Zinedine Zidane menjadi mitos di ajang Liga Champions lantaran sukses membawa Real Madrid memenangi tiga gelar secara beruntun. Hal tersebut membuatnya menjadi pelatih pertama di Eropa yang melakukan hal tersebut.

Untuk urusan gelar pelatih yang memenangi Liga Champions, torehan pelatih yang lahir pada 23 Juni 1972 mungkin kalah dibandingkan dengan Sir Alex Ferguson dan Carlo Ancelotti yang unggul dalam urusan sebagai manajer terbanyak yang memenangi si Kuping besar. Namun catatannya sampai hari ini belum bisa disamai oleh pelatih manapun.

Zidane, yang datang menukangi klub pada Januari 2016. Ia membereskan “kekacauan” yang ditinggalkan Rafa Benitez. Sosok asal Prancis sukses naik kelas lantaran sebelumnya ia sempat menukangi Real Madrid Castilla dan menjadi asisten pelatih di periode pertama Carlo Ancelotti bersama klub. Di enam bulan perdananya, ia suskes membawa klub menjadi juara Liga Champions.

Catatan spesial tersebut membuatnya menjadi orang ketujuh yang pernah menjuarai si Kuping Besar baik sebagai pemain maupun pelatih. Tak hanya itu, namanya juga menjadi pelatih Prancis pertama yang sukses mendulang gelar setelah pelatih Henelio Herrera, juru taktik berdarah Prancis-Argentina bersama Inter Milan di medio 60an lalu.

Di musim keduanya, Zidane, yang dikenal lumayan fleksibel dalam menerapkan taktik permainan pada tim yang diasuhnya, kembali memberikan berbagai gelar. Piala Super Eropa, LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub sukses ia persembahkan bersama Los Blancos. Dengan sederet prestasi tersebut, reputasinya sebagai juru taktik yang disegani pun mulai tumbuh,


Baca Juga:


Musim ketiga Zidane bersama Madrid mulai membuat namanya kembali melambung. Untuk kali ketiga secara beruntun, pelatih berkepala plontos membuat namanya tercatat dalam sejarah sebagai peraih gelar Liga Champios tiga kali beruntun. Catatannya melewati torehan yang pernah dituai sepasang pelatih terbaik Inggris, Brian Clough dan Bob Paisley yang pernah hantarkan Nottingham Forrest dan Liverpool melakukan hal yang sama di medio 70 dan 80an.

Tak hanya Liga Champions, ia juga sempat hantarkan tim mendulang Piala Super Eropa dan Piala Dunia antar klub. Lima hari pasca tim memenangkan gelar juara ke-13nya di Eropa, Laman BBC memberiakan Zizou putuskan mundur dari jabatannya lantaran klub membutuhkan banyak perubahan.