Pamor Turun, Serie A Seperti Kasta Bawah Eropa - Vivagoal.com
Pamor Serie A Menurun, Sudah Seperti Kompetisi Divisi Dua di Eropa
Serie A, Foto: dok Sport detik

Pamor Turun, Serie A Seperti Kasta Bawah Eropa

A Hendra - June 19, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A – Pimpinan AC Milan, Paolo Scaroni menyoroti kualitas kompetisi Serie A. Menurutnya, Liga Italia sekarang sudah tertinggal jauh dari liga-liga top Eropa lainnya hingga tak lagi diminati banyak pemain top.

Pamor Serie A memang sempat tidak diragukan lagi sebagai salah satu liga sepakbola terpopuler di kolong langit pada dekade 80-an hingga 90-an. Pemain-pemain kelas wahid sekaligus peraih Ballon d’Or macam Michael Platini, Trio Belanda (Ruud Gullit, Marco Van Basten dan Franck Rijkaard), Ronaldo da Lima hingga Zinedine Zidane mencapai puncak kariernya di Serie A.

Raih Scudetto Musim Lalu, AC Milan Jadi Tim Paling Berharga di Serie A
AC Milan, Foto: dok situs resmi AC Milan

Performa oke para pemain bintang tersebut sejalan dengan prestasi tim-tim di Liga Italia saat bertarung di kompetisi antar klub Eropa. Di saat Inggris masih dipusingkan dengan masalah membenahi manajemen hingga akhirnya Premier League digulirkan pada 1992 silam, dan LaLiga serta Bundesliga masih mencari jadi diri sepakbola mereka, tim-tim Italia seperti Juventus, AC Milan Inter, Napoli hingga Sampdoria sudah merasakan menjadi jawara di Eropa.

Namun seperti halnya roda berputar, memasuki millenium baru kualitas Serie A menurun perlahan. Berbagai masalah silih berganti datang, seperti regenerasi pemain melambat, masalah finansial, plus munculnya skandal pengaturan skor atau Calciopoli membuat sepakbola Italia tenggelam dan perlahan berada di bawah bayang Liga Premier Inggris, LaLiga, Bundesliga hingga Ligue 1.

Paolo Scaroni pun melabeli Serie A layaknya kompetisi kelas dua seperti Serie B di Eropa saat ini. Scaroni merasa kebutuhan memodernisasi stadion mesti segera dilakukan demi meningkatkan kualitas kompetisi. Selain peran wasit turut berperan penting dalam peningkatan kualitas sepakbola Serie A.


Baca Juga:


“Serie A kami telah menjadi sebuah kompetisi Serie B dibandingkan dengan liga-liga top Eropa lainnya. Mereka semua kurang lebih telah menyalip kita dalam 20 tahun terakhir.” ucap Scaroni dilansir dari Football-Italia.

Serie A Wacanakan Gelar Playoff Untuk Penentuan Titel Juara
AC Milan Juara Serie A 2021/2022, Foto: dok Bola Okezone

“Hasilnya adalah produk yang kita tawarkan tidak bagus, tanpa pemain sekaliber Lionel Messi, Kylian Mbappe, hanya karena kita tidak mampu. Kalau kita terus seperti ini, kita akan terus menjauh dari sepakbola elite.” sesalnya.

“Sepakbola memang olahraga tapi sekaligus sebuah tontonan yang membutuhkan sebuah stadion yang bagus dengan penerangan yang layak, selalu dipenuhi penonton. Pada bulan Februari lalu, laga Milan vs Udinese selesai dengan waktu 48 menit 38 detik dari waktu laga sebenarnya selama 97 menit. Membosankan. Para wasit perlu memainkan peran mereka,” tegas Scaroni.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com