Presiden FIFA Keluhkan Sikap Italia Dalam Menyikapi Rasisme

0
29
Presiden FIFA Keluhkan Sikap Italia Dalam Menyikapi Rasisme

Vivagoal Serie A – Presiden FIFA, Gianni Infantino berharap pihak Serie A bisa bersikap lebih tegas terkait para pelaku rasisme seperti yang dilakukan oleh pihak Federasi Sepakbola Inggris [FA].

Belakangan sepakbola Italia tengah menjadi sorotan lantaran adanya perilaku rasisme yang dilakukan oleh para fans di sana. Adalah pendukung Cagliari yang kembali berulah saat merek menjamu Inter Milan pada pekan ketiga Serie A kemarin.

Baca juga: Terkena Rasisme, Sang Ibu dari Pemain Ini Sampai Menangis

Saat itu, Romelu Lukaku yang hendak mengambil eksekusi penalti mendapat sorakan dari para pendukung Cagliari. Sayangnya sebagian dari mereka terdengar menirukan suara monyet guna memecah konsentrasi penyerang asal Belgia itu.

Setelah laga, semua pihak menyorot sikap fans Cagliari. Pihak Serie A sendiri kemudian melanjutkan penyelidikan terkait hal tersebut sebelum akhirnya memutuskan jika Cagliari tidak bersalah lantaran tak ada bukti yang bisa menguatkan tuduhan rasisme yang dilakukan oleh fans mereka.

Hal tersebut tentu mengundang kritik susulan. Pihak Serie A disebut tak tegas dalam mengatasi rasisme yang begitu tinggi di Italia. Sedang kenyataannya fans Cagliari kerap melakukan aksi tidak terpuji seperti itu yang sebelumnya menimpa pemain seperti Moise Kean dan Blaise Matuidi.

Presiden FIFA kemudian ikut angkat bicara. Infantino menyarankan agar sepak bola Italia meniru gaya Inggris dalam memberi hukuman pelaku rasisme.

“Hukum harus selalu ditegakkan. Kita perlu mencari siapa provokatornya, kemudian mengusirnya ke luar stadion. Kita semua butuh hukum seperti itu, hukum yang juga berlaku di Inggris,” kata Gianni Infantino dilansir dari Football Italia.

Baca juga: Rasisme dalam Sepakbola Harus Segera Ditangani Serius

Di Inggris sendiri para pelaku aksi rasisme harus menghadapi sanksi berat. Selain denda, mereka juga harus menerima sanksi berupa larangan memasuki stadion bahkan hingga seumur hidup mereka.

Aksi rasisme seperti ini tentu harus segera diatasi. Selain menyakiti perasaan, hal seperti itu akan mengganggu perkembangan kompetisi karena membuat para pemain khususnya yang berkulit gelap enggan merapat ke Serie A.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here