Rekam Jejak Diego Maradona di Dunia Video Game - Vivagoal.com
maradona-Vivagoal

Rekam Jejak Diego Maradona di Dunia Video Game

Arie Lihardo - November 30, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – IGL – Figur Diego Maradona sepertinya bakal abadi di dunia video game, khususnya permainan yang mencakup sepak bola. The Golden Boy pertama kali diadopsi ke dalam game pada tahun 1986, dan yang paling baru terdapat pada eFootball PES 2021 juga FIFA 21.

Dalam kesempatan kali ini, Vivagoal merangkum awal mula kemunculan sosok legenda sepak bola dari Argentina, yakni Maradona yang telah berpulang di usia 60 tahun. Sebagaimana diolah dari laman Explica, penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Peter Shilton’s Handball Maradona (1986)

Kemunculan pertama Maradona di dalam game sejauh pengamatan Vivagoal adalah pada tahun 1986 dengan judul Peter Shilton’s Handball Maradona, sosoknya secara gamblang Nampak hanya di bagian judul saja, mengingat di dunia nyata Peter Shilton adalah kiper Inggris yang menjadi korban “Gol Tangan Tuhan.”

Game ini sendiri dikembangkan oleh Argus Press Software dan diterbitkan oleh Grandslam Entertainments. Game lawas ini beroperasi pada platform jadul, yaitu Commodore 64, Amstrad CPC, dan ZX Spectrum.

Seibu Cup Soccer (1991)

Berbeda dari Peter Shilton’s Handball Maradona, Seibu Cup Soccer tidak menampilkan nama Maradona, namun, game ini menyematkan karakter yang tampilannya mirip sang legenda yang disebut dari Argentina dengan nomor punggung 10. Gim ini dibuat dan diterbitkan oleh Seibu Kaihatsu yang berbasis di Jepang. Seibu Cup Soccer tersedia untuk platform Arcade.

AWS Pro Moves Soccer (1993)

Sosok Maradona di sini tidak dicatut secara gamblang, bahkan namanya diubah supaya terkesan mirip menjadi Donadona yang juga mempunyai nomor 10. AWS Pro Moves Soccer dirilis pada tahun 1993, ia dikembangkan oleh studio Denmark BGS Developments dan ZAT Productions. Diterbitkan oleh ASCII Entertainment, beroperasi untuk Sega Genesis.

International Superstar Soccer Deluxe (1995)

Judul game International Superstar Soccer Deluxe keluaran tahun 1995 adalah besutan Konami, tersedia bagi platform konsol SNES, Sega Mega Drive, dan PlayStation. Di sini, nama Maradona disebut sebagai Redonda.


Baca Juga:

Seri PES dan FIFA

Wajah dan tampilan Maradona semakin bagus pada seri eFootbal PES garapan Konami dan di FIFA yang dikembangkan EA Sports. Edisi terbaru kedua game pun turut menyematkannya. Bagaimanapun, figurnya sudah menjadi idola banyak orang.

Selalu update berita terbaru seputar Indonesia Gaming League hanya di vivagoal.com