Setien Pastikan Barcelona Bakal Mainkan Total Football Ala Johan Cruyff

0
831
Setien Pastikan Barcelona Bakal Mainkan Total Football Ala Johan Cruyff

VivagoalLa Liga – Quique Setien menjamin para penggemar Barcelona bakal melihat Lionel Messi dkk memainkan sepakbola menyerang nan cantik. Pasalnya, ia adalah pengagum berat Johan Cruyff, pencipta Total Football dan peletak fondasi filosofi tiki taka di Barcelona.

Meski tak punya riwayat dengan Barcelona baik sebagai pemain maupun pelatih, namun Setien cukup pede mengatakan bahwa dalam dirinya mengalir deras DNA Barcelona.

Baca Juga: Vivagoal Bagi-Bagi Hadiah, Mainkan Kuisnya Di Sini!

Pasalnya, semasa masih bermain sebagai gelandang dan ketika menghadapi Barcelona polesan Johan Cruyff, dia merasakan langsung bagaimana repotnya mengejar bola dan mengantisipasi pergerakan para pemain Barca kala itu.

“Saat itu, Barcelona bermain seperti perampok. Dia merampok penguasaan bola kami, dan saat Anda menguasai bola, mereka langsung menutup semua ruang gerak. Itu menjadi laga terberat selama karier saya.” cerita Setien seperti dilansir dari situs resmi klub.

“Melawan Barcelona, kami menelan kekalahan. Anda tahu, saat itu kami semua bahkan sampai lupa warna bola di pertandingan itu. Sepanjang 90 menit berusaha merebut bola itu membuat kami gila,” sambungnya.

Sejak saat itu, Setien mempelajari sepakbola ala Cruyff dan Barcelona untuk diterapkannya di tim-tim yang ditanganinya. Ia pun sempat sukses menarik perhatian banyak orang dengan keberaniannya memainkan sepakbola menyerang nan atraktif ala Cruyff saat masih membesut Real Betis musim 2018/2019 kemarin.

Menampilkan sepakbola tiki taka nyaris sempurna dengan pressing tinggi sedari lini depan, lalu coba memainkan bola dari lini belakang dan berani menyerang pertahanan lawan dengan permainan terbuka Setien sukses melibas dua raksasa, Barca dan Madrid di kandangnya masing-masing.

Baca juga: Inilah Alasan Reinier Jesus Pantas Tuk Direkrut Madrid

Sebagai informasi, tak banyak pelatih di dunia ini yang bisa membawa timnya menang di Santiago Bernabeu dan Camp Nou dalam periode satu musim. Betis-nya Setien melibas Barcelona di Camp Nou dengan skor 4-3, pada pekan ke-12 LaLiga Spanyol, 12 November 2018). Real Madrid lalu dipermalukan di Bernabeu pada pekan terakhir Liga, 19 Mei 2019 dengan skor 2-0.

“Saya bisa jamin bahwa Barca akan memainkan sepakbola bagus, dan itu sudah saya peragakan di tim-tim yang pernah saya tangani. Saya akan menambahkan sentuhan-sentuhan dan detail saya, karena saya suka DNA Barcelona.” sambungnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here