Sudah Layakkah Klopp Masuk Dalam Jajaran Pelatih Sukses di Liverpool?

0
64
Sudah Layakkah Klopp Masuk Dalam Jajaran Pelatih Sukses di Liverpool?

Vivagoal Liga Inggris – Raihan trofi yang mulai diraih Jurgen Klopp membuatnya disebut sebagai pelatih tersukses Liverpool. Benarkah demikian?

Empat setengah tahun melatih Liverpool, Klopp mulai membawa perubahan besar. Ia total sudah mengemas tiga trofi yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan juga Piala Dunia Antarklub. Pelatih asal Jerman tersebut juga telah berhasil mencapai final Liga Champions juga Liga Europa dan Carabao Cup.

Tak dipungkiri jika Klopp sudah layak masuk dalam daftar pelatih tersukses Liverpool. Berikut ini statistik dirangkum oleh Goal International;

  1. Persentase Kemenangan

Tercatat Klopp sudah menjalani total 256 pertandingan bersama Liverpool dengan meraih 155 kemenangan. Klopp pun mengemas persentase kemenangan sebesar 60,5 persen dan menempati urutan keempat pelatih tersukses dari segi persentase kemenangan.

Hanya saja dua orang di atasnya memiliki jumlah pertandingan yang lebih sedikit. Reuben Bennett contohnya, yang mencatatkan 75 persen kemenangan dari empat pertandingan saja. Sedangkan John McKenna meraih 69,4 persen hanya dari 36 pertandingan saja.

  1. Jumlah Kemenangan

Seperti diketahui Klopp sudah mengemas 155 kemenangan bersama Liverpool. Jumlah tersebut menempatkannya di urutan ketujuh dalam daftar pelatih dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah Liverpool.

Klopp hanya kalah tiga kemenangan dari Gerard Houllier. Sebagai catatan, pria asal Prancis tersebut mengantongi 51 pertandingan lebih banyak dari Klopp.


Baca Juga:



Namun Klopp masih tertinggal jauh dari legenda lainnya, Bill Shankly. Selama 15 tahun melatih Liverpool, ia meraih 407 kemenangan dari 783 laga dengan persentase kemenangan sebesar 52 persen.

  1. Jumlah Trofi

Pelatih dengan trofi terbanyak untuk Liverpool dipegang oleh Bob Paisley. Tercatat dalam kurun waktu sembilan tahun, ia sudah berhasil meraih 14 trofi bergengsi termasuk enam gelar divisi utama (sekarang Premier League) dan tiga Piala Eropa (Liga Champions).

Di peringkat kedua terbaik ada Shankly yang menyumbang tiga trofi Divisi Utama, dua FA Cup, dan satu UEFA Cup (sekarang Liga Europa). Dia juga memenangkan trofi divisi kedua pada tahun 1962.

Setelahnya ada Kenny Dalglish yang memenangkan lima trofi dalam kurun waktu enam tahun termasuk FA Cup serta Divisi Utama tahun 1986. Houllier juga mendapatkan lima trofi yang terdiri dari dua Carabao Cup, satu FA Cup, UEFA Cup, dan juga Piala Super Eropa.

Klopp sendiri baru meraih tiga trofi. Namun jika berhasil meraih Premier League, ia akan melewati Joe Fagan yang juga sudah mengoleksi tiga trofi.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here