Sudah Tepatkah Keputusan Juventus Menang 3-0 atas Napoli?

0
21
Sudah Tepatkah Keputusan Juventus Menang 3-0 atas Napoli?

Vivagoal Serie AJuventus resmi dihadiahi kemenangan 3-0 setelah Napoli yang tidak hadir di stadion. Pro kontra pun bermunculan atas keputusan Komisi Disiplin Serie A tersebut.

Napoli dijadwalkan hadir ke Allianz Stadium pada lanjutan Serie A Senin (5/10/2020) dini hari WIB lalu tersebut. Namun klub asal Naples tersebut urung hadir karena mengklaim dilarang bepergian oleh otoritas kesehatan di Campania [ASL].

Larangan tersebut muncul setelah dua pemainnya yakni Eljif Elmas dan Piotr Zielinski terjangkir Covid-19. Sebelumnya mereka juga bertemu Genoa yang usai laga mendapati 14 pemainnya terjangkit virus tersebut.

Sikap Napoli tersebut bertentangan dengan protokol yang disusun oleh pihak kompetisi Serie A. Mereka menyusun sebuah peraturan di mana setiap tim wajib turun ke lapangan jika masih memiliki 13 pemain termasuk penjaga gawang.

Akhirnya dilansir dari Football Italia, Komisi Disiplin Serie A menyatakan bahwa Napoli tak punya cukup alasan untuk tidak melakoni pertandingan yang sudah dijadwalkan. Oleh karena itu, Juventus berhak meraih kemenangan 3-0 dan pengurangan satu poin untuk Napoli.

Gerardo Mastrandrea, hakim yang bertugas menangani kasus ini menegaskan Napoli tidak memiliki situasi ‘force majeure‘ merujuk pada Pasal 55 dari Peraturan Internal FIGC sehingga mereka ditetapkan walk out di laga tersebut.

“Protokol yang ditetapkan oleh Federasi Sepakbola Italia [FIGC] memuat ketentuan yang memungkinkan Napoli melakukan perjalanan ke Turin untuk laga tersebut,” kata Mastrandrea dikutip dari AS.


Baca Juga:


Pakar hukum olahraga Claudio Pasqualin juga menilai jika keputusan tersebut sudah tepat dan tidak bisa diganggu gugat.

“Keputusan itu tidak bisa dihindari dan tidak bisa diganggu gugat,” kata Claudio Pasqualin kepada TuttoNapoli, dikutip dari Football Italia.

“Karena itu, sekarang pasti akan ada beberapa episode lagi dari drama ini melalui proses banding,” sambung Pasqualin.

“Keputusan Komite Disiplin sepenuhnya tepat, karena ada aturan yang harus dihormati dan Napoli jelas tidak melakukan itu sepenuhnya. Ada berbagai tahap banding yang bisa dilakukan Napoli,” kata Pasqualin.

Pihak Napoli sendiri sepenuhnya menghormati keputusan tersebut. Meski demikian mereka berharap ada keadilan untuk situasi sulit yang mereka hadapi.

“SSC Napoli selalu menghormati aturan dan hukum. Kami menunggu putusan kasasi, yakin keadilan akan ditegakkan,” tulis Napoli lewat akun Twitter resmi klub.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here