Takluk di Laga Perdana, PSG dan Madrid Tidak Bisa Juara Liga Champions Musim Ini?

0
493
Takluk di Laga Perdana, PSG dan Madrid Tidak Bisa Juara Liga Champions Musim Ini?
Sumber: Marca

Vivagoal – Liga Champions – Sejarah mencatat, belum pernah ada klub yang berhasil menjuarai Liga Champions setelah kalah di laga pertamanya. Catatan ini pun berarti membuat harapan dari dua tim elit seperti Real Madrid dan Paris Saint-Germain untuk menjuarai Liga Champions musim ini sirna.

Matchday pertama Liga Champions musim 2020/21 sudah memunculkan hasil tak terduga. Setelah Paris Saint-Germain tumbang 1-2 di kandang sendiri, Rabu (21/10), dinihari tadi gantian Real Madrid yang digilas wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk dengan skor 2-3.

Baik PSG maupun Real Madrid adalah unggulan Liga Champions musim ini. Terlebih PSG yang berstatus finalis musim kemarin dan saat ini melaju mulus di kompetisi domestik, Ligue 1 Prancis.

Kekalahan di laga pertama memang belum mempengaruhi apapun. Di fase grup saja masih ada lima pertandingan lagi untuk dijalani. Tapi Liga Champions punya sejarah gelap buat tim-tim yang langsung kalah di laga perdananya.

Sejak kompetisi tertinggi antarklub di Eropa tersebut berubah format pada tahun 1992, belum pernah ada klub yang kalah di laga perdana bisa keluar sebagai juara.

Contoh paling dekat adalah Liverpool yang berstatus juara bertahan musim 2018/19, namun tumbang 0-2 di kandang Napoli pada laga perdana grup. Pasukan Jurgen Klopp di musim lalu pada akhirnya harus tersingkir di fase 16 besar karena kalah bersaing dengan Atletico Madrid.

Dikutip dari AS, memang ada dua klub yang bisa jadi juara setelah kalah di pertandingan pembuka, yakni Madrid di tahun 1966 dan AC Milan di tahun 1969. Namun sekali lagi, itu tidak terjadi ketika Piala Champions berubah nama menjadi Liga Champions.


Baca Juga:


Sepanjang sejarah Liga Champions, baru ada dua klub yang berhasil menembus partai final usai kalah di laga perdana. Mereka adalah Barcelona musim 1993/94 dan Tottenham Hotspur musim 2018/19.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here