Teka-teki Posisi Miralem Pjanic di Barcelona

0
84
Pjanic
Sumber: FC Barcelona

Vivagoal La Liga – Akhirnya, saga transfer Miralem Pjanic ke Barcelona berakhir. Namun untuk sementara waktu Pjanic belum akan bisa main untuk Barcelona. Tapi debutnya dengan tim Catalan patut ditunggu, khususnya mengenai posisi mainnya nanti.

Gelandang asal Bosnia tersebut resmi direkrut Barcelona dengan transfer sebesar 60 juta euro pada bursa transfer musim panas ini. Pjanic jadi bagian dari proses tukar guling Barca dengan Juventus yang menginginkan Arthur Melo.

Namun yang menjadi pertanyaan kemudian, apakah Barcelona memang membutuhkan Pjanic? Apakah pemain berusia 30 tahun itu bisa lebih baik dari Arthur Melo dan akan bisa menyatukan diri dengan skuad Blaugrana saat ini?

Sama halnya dengan Arthur Melo, Pjanic bakal memerlukan sedikit adaptasi dengan gaya bermain tim Catalan. Arthur sendiri dianggap gagal memenuhi ekspektasi selama dua musim berseragam Blaugrana, atas alasan inilah ia belum bisa dipastikan bakal jadi pemain penting Barca musim depan. Bisa jadi, ia dibeli mahal hanya untuk menghiasi bangku cadangan.

Dalam kariernya sejauh ini, Pjanic dikenal sebagai pemain yang bisa memainkan sejumlah peran penting di lini tengah. Hal tersebut membuat banyak pihak yang mulai menduga-duga dimana ia akan dimainkan Quique Setien.

Pada dasarnya Setien lebih banyak memainkan skema 4-3-3 dan beberapa kali menggunakan variasi 4-3-1-2 dan 3-5-2 flat. Ketiga skema ini sudah ia gunakan bergantian dalam 17 laga Barcelona yang dipimpinnya, bergantung pada situasi dan kondisi.

Pjanic sendiri bisa saja berperan sebagai gelandang pivot atau memagari kuartet bek Barcelona, Gerard Pique, Clement Lenglet, Sergio Roberto dan Jordi Alba. Tapi di posisi ini, Pjanic mesti bersaing dengan nama-nama top seperti Sergio Busquets dan Ivan Rakitic yang kerap mengisi posisi tersebut.


Baca Juga:


Kemudian posisi lainnya, Pjanic bisa dimainkan di pos gelandang kanan, bahu membahu dengan Messi yang bermain di sektor penyerang sayap kanan. Tapi lagi-lagi di area ini, Pjanic akan bersaing ketat dengan Frenkie De Jong dan Arturo Vidal. Yang paling memungkinkan hanyalah Pjanic dipasang di sektor kiri tengah yang mana posisi ini biasa diisi Arthur Melo dan Riqui Puig.

Tapi patut diingat, Riqui Puig yang dijuluki sebagai permata dari La Masia dalam dua laga terakhirnya tampil cukup apik dan sukses menjadi starter tuk pertama kalinya. Lantas dimana kira-kira Pjanic akan dimainkan? Pasalnya, selama 4 musim di Juventus, dia begitu memonopoli lini tengah Bianconeri. Siapapun pelatihnya, satu posisi di lini sentral akan diberikan kepada eks gelandang Lyon itu.

Menurut Marca, besar kemungkinan Setien bakal menjajal formasi baru tapi bisa jadi solusi. Pjanic akan dijadikan sebagai deep playmaker sama seperti perannya di Juventus, sementara De Jong akan diinstruksikan bermain lebih melebar untuk mengisi Pjanic yang dibiarkan bermain lebih ke depan. Sementara Busquets atau Rakitic bersiaga di depan empat bek.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here